Juni 29, 2014

MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING

MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING SMA AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Muh. Rouful Wahab

Pembelajaran e-learning merupakan bentuk pengembangan pembelajaran dan merupakan model pembelajaran yang berbasis pada peserta didik serta. Agar pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik maka perlu adanya sistem manajemen yang efektif dan efesien yang diupayakan oleh para guru. Berhubungan dengan hal tersebut, SMA Al Islam 1 Surakarta memiliki harapan bahwa semua peserta didiknya mendapatkan pendidikan yang paripurna. Dalam mewujudkan harapan tersebut maka perlu adanya sistem pengelolaan yang baik  dalam pembelajaran berbasis e-learning. Berkenaan dengan latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran berbasis e-learning yang diterapkan di SMA Al Islam 1 Surakarta serta pelaksanaan dan implikasinya dalam proses pembelajaran.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi. Dalam analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif dan deduktif yaitu menganalisis  data  yang  berangkat  dari  fakta-fakta  yang khusus,  kemudian  dari  fakta  atau  peristiwa  yang  khusus  tadi ditarik  generalisasi  yang  bersifat  umum  dan selanjutnya  ditarik  suatu  kesimpulan  dari  pernyataan  umum  menuju  pernyataan khusus.
Hasil dari penelitian ini adalah pertama, manajemen pembelajaran e-learning SMA Al Islam 1 Surakarta terdiri beberapa point, yaitu: perumusan visi misi, tujuan kurikulum yang integratif, pembelajaran  e-learning yang efektif, peserta didik, dan guru yang berkualitas. Kelima point tersebut telah dilakukan fungsi manajemen dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengendalian, dan pengembangan. Kedua, manajemen  pembelajaran  yang  dibangun  oleh  SMA Al Islam 1 Surakarta ternyata efektif dan efisien, sehingga banyak keberhasilan  pendidikan yang dicapai baik akademik maupun non akademik. 

Ada beberapa kendala dalam pembelajaran e-learning di antaranya, kemampuan SDM yang kurang, fasilitas yang kurang memadai, tampilan wabsite text based, alokasi waktu yang kurang untuk sosialisasi e-learning, dan ada beberapa materi pelajaran yang tidak dapat diterapkan dengan e-learning.

Kata kunci : manajemen, pembelajaran, e-learning

http://eprints.ums.ac.id/view/creators/Wahab=3AMuhammad_Rouful=3A=3A.html
 
Karya ini merupakan abstrak tesis yang diujikan di depan Dr.Sudarno Sobron, M.Ag, Dr. Sabar Narimo, M.Pd, M.M, dan Dr. Ari Anshori, M.Ag dan dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude pada tanggal 10 Desember 2013 di Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tidak ada komentar: