(Implementasi Total Quality Management Dalam
Peningkatan Prestasi Siswa Sekolah Menengah Atas Batik 1 Surakarta Tahun
Pelajaran 2014)
Arwin Towaf Al Kindi, S.Pd.I, M.Pd.I
Prestasi belajar dikatakan meningkat bila indikator prestasi belajar
meningkat yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Total
Quality Management (TQM) atau yang dikenal Manajemen Peningkatan Mutu
Terpadu adalah konsep manajemen sekolah sebagai sebuah inovasi dalam
penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang diharapkan dapat memberikan
perubahan yang lebih baik sesuai dengan perkembangan, tuntutan, dan
dinamika masyarakat dalam menjawab permasalahan-permasalahan pengelolaan
pendidikan pada tingkat sekolah. Bertolak dari latar belakang masalah
tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi
Total Quality Management dalam peningkatan prestasi siswa di SMA Batik 1
Surakarta beserta komponen yang dibutuhkan dan kendala yang dihadapi.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan desain
penelitian Grounded Theory. Pengumpulan data penulis menggunakan metode
observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis
dengan menggunakan model analisis interaktif yaitu terdiri dari empat
komponen: (1) Pengumpulan data, (2) Penyederhanaan data, (3) Pemaparan
data, dan (4) Penarikan kesimpulan dan pengujian data dilakukan secara
simultan dalam waktu yang bersamaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar