PENDIDIKAN
KUTTAB AL FATIH
(Muh. Rouful Wahab)
(Muh. Rouful Wahab)
A. VISI DAN MISI
a. Kurikulum
berlandasan Al Qur`an dan Al Hadis
b. Kurikulum
berlandasan Sirah
B. MOTTO
C. JENJANG PENDIDIKAN
a. Kuttab
Awal :
3 tahun
b. Kuttab
Qanuni :
4 tahun
c. Lama
pendidikan Kuttab 7 tahun
1) Kutab
Awal : level 1, level 2, level 3
2) Kutab
Qonuni : level 1, level 2, level 3, level 4
D. SISWA
a. Kuttab
Awal : para siswa yang berusia 5-7
b. Kuttab
Qanuni : para siswa yang berusia
8-11
E. JUMLAH SISWA
Jumlah
siswa di masing-masing kelas adalah 12 anak
F. MATERI PEMBELAJARAN
a. Materi
pembelajaran dikategorikan Iman dan Al Qur`an
b. Disedikan
buku modul pembelajaran pada kategori Iman
c. Penyusunan
modul; menentukan tema, menentukan sub tema, menggali tema dari salah satu juz
dalam Al Qur`an.
G. MANAJEMEN PEMBELAJARAN
a. Setiap
guru mendiskusikan tema yang akan diajarkan kepada siswa
b. Guru
umum dan guru syar`i menggali tema dan subtema yang telah ditentukan di dalam
salah satu juz Al Qur`an
c. Guru
menyusun Rencana Kegiatan Kuttab pada masing-masing level baik
d. Struktur
Rencana Kegiatan Kuttab sebagai berikut;
1) Menentukan
kelas, hari/tanggal, waktu, tema, subtema, target, kegiatan (awal,inti,akhir),
media, dan murafaqot.
2) Kegiatan
awal merupakan pembukaaan pembelajaran dengan basmalah
3) Kegiatan
inti merupakan gambaran kegiatan pokok pembelajaran
4) Kegiatan
akhir, kegiatan ini digunakan para pendidik untuk memberikan kesimpulan dan
tugas. Tugas yang diberikan kepada siswa tidak hanya kognitif tetapi perlu
adanya afektif dan psikomotorik. Setiap tugas yang diberikan perlu adanya
lembar BBO (Belajar Bersama Orang Tua)
5) Struktur
BBO; nama guru kelas, level kuttab, ringkasan materi, bentuk assessment,
murofaqot, catatan ustadz/ustadzah terdiri tugas Halqoh Al Qur`an dan Iman, dan
catatan orang tua
6) Murofaqot
adalah seorang guru memberikan tambahan mata pelajaran umum pada akhir
pembelajaran
e. Guru
mengadakan rapat pleno tentang RKK yang telah disusun untuk disepakati
f. Kegiatan
evaluasi pembelajaran
1) kegiatan
ulangan harian, tugas, ulangan mid semester, ulangan kenaikan kelas.
2) Bentuk
raport pada mid semester dengan kuantitatif dan bentuk raport pada akhir
semester dengan kualitatif
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
pembelajaran aktif dari hari senin sampai hari jum`at
2. KBM
dimulai pukul 07.15-13.30 WIB
3. Para
guru mengadakan kegiatan belajar dari pukul 13.30 sampai 16.00 dengan membaca
buku tentang pendidikan
4. Jadwal
di Kuttab
No
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Teknis
|
1
|
07.00-07.15
|
Kedatangan
|
a. Guru dijadwal mengadakan kegiatan penyambutan
siswa
b. Menyapa siswa
|
2
|
07.15-07.30
|
Ikrar
|
a. Siswa baris membaca Ikrar
b. Setelah Ikrar ada materi tambahan yang dijadwal
dengan baik.
1) Hari senin : Kisah (disampaikan tematik)
2) Hari Selasa: B. Arab
3) Hari Rabu: Do`a –Do`a
4) Hari Kamis: Hadis
|
3
|
07.30-09.30
|
Kelas Qur`an
|
a. Siswa dikelompokkan sesuai kemampuan
b. Guru mengadakan monitoring kegiatan pembelajaran
|
4
|
09.30-09.45
|
Istirahat
|
a. Para siswa tetap dikelas dan guru menemanin mereka
untuk memberikan nasehat sambil bermain
|
5
|
09.45-11.00
|
Kelas Iman
|
a. Guru mengajar secara tematik dengan RKK yang telah
disusun
b. Guru berusaha menguatkan pembelajaran dengan kisah
|
6
|
11.00-12.30
|
Kegiatan Sholat
|
a. Para siswa kuttab Awal mengerjakan sholat dhuhur
di kelas
b. Para siswa kuttab Qonuni mengerjakan sholat dhuhur
di masjid
|
7
|
12.30-13.30
|
Kegiatan Makan dan Nasehat
|
Para guru ikut serta makan dengan para siswa
|
8
|
13.30-16.00
|
Belajar Guru
|
a. Guru mengadakan kegiatan pembelajaran
b. Guru mendengarkan materi yang disampaikan oleh
ustadz yang membuka kitab
|
I. MANAJEMEN GURU
1. Guru
terdiri dari guru umum dan guru syar`i
2. Guru
kuttab harus mengikuti kegiatan pelatihan intensif
3. Mengadakan
rapat pleno RKK setiap awal tahun pembelajaran
4. Mengadakan
kegiatan belajar setelah KBM
5. Mengadakan
kegiatan rapat setiap minggu
6. Mengadakan
rapat bulanan untuk seluruh kutab (pusat dan cabang)
7. Mengadakan
kegiatan pengajian bagi guru-guru
8. Mengadakan
kegiatan MABIT
9. Mengadakan
kunjungan rumah di setiap siswa
10. Guru
boleh membawa anaknya di kelas (sebagai bentuk pembelajaran bagi siswa)
11. Guru
yang mengajar di kuttab harus sudah menikah
12. Guru
yang melahirkan mendapatkan hak cuti 2 tahun (bentuk implementasi perintah
Allah untuk menyusui 2 tahun)
J. MANAJEMEN WALI SISWA
1. Mengadakan
tes wawancara untuk menguji keyakinan dan keseriusan
a. Keyakinan
1) Wali
siswa diberi gambaran bahwa di kuttab tidak ada ijazah
2) Kuttab
membolehkan memukul siswa dengan cambuk jika melanggar
3) Guru
kuttab mengadakan kunjungan rumah
b. Keseriusan
1) Sanggup
hadir pada pertemuan siswa terutama dalam pengambilan raport
2) Mendudukkan
guru sebagai terhormat
2. Mengadakan
pertemuan bulanan (Bapak dan Ibu harus hadir)
3. Meminta
Bapak dan Ibu untuk hadir mengambil
raport dan mendengarkan perkembangan anak
4. Memberikan
ruang saran dan kritik setiap minggu
K. MANAJEMEN KEUANGAN
1. Sumber
dana dari masyarakat terutama memaksimalkan wakaf produktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar