November 29, 2015

OUT LINE SI IX PPTQ AL IKHLAS, SUKOHARJO


OUT LINE PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR`AN AL IKHLAS
 

Mata Pelajaran            : SI ( Sejarah Islam)

Tingkat                        : IX (Putra/Putri)
Semester                      : I dan II
Jumlah Pertemuan      : 35 pertemuan
Alokasi Waktu            :  2 JPL/ 70 menit  (1 pertemuan)
Pengajar                      : ......




I.         PETUNJUK PENGGUNAAN
1.      Membaca outline dari point pertama sampai selesai
2.      Menyiapkan materi berdasarkan time line yang telah dibuat
a.       Pengajar menggunakan buku referensi Sirah Nabawiyah Safiyyurahman
b.      Pengajar melihat kompetensi santri yang diharapkan dalam tiap judul pembahasan untuk menyiapkan materi
c.       Pengajar membuat ringkasan materi yang mencakup kompetensi santri dan boleh dikembangkan sendiri berdasarkan buku referensi (tidak semua pembahasan dalam buku disampaikan)
d.      Tanggal pertemuan silahkan disesuaikan dengan jadwal

3.      Menyampaikan kepada santri outline di awal pembelajaran
4.      Mengajar berdasarkan outline
5.      Pengembangan outline di tiap tahun berdasarkan pedoman pokok sebagai berikut
No
Keterangan
Jumlah
1
Jumlah Pertemuan
35
2
Jumlah Ulangan Harian
7
3
Jumlah Penyampaian Kisi-Kisi
4






II.      PENGANTAR
Sejarah perjalanan Nabi Muhammad memiliki banyak hikmah yang dapat diambil oleh umat Islam di zaman sekarang dan yang akan datang. Karena beliau adalah uswatun hasanah  yang seluruh perilaku beliau merupakan cerminan dari Al Qur`an.
Nabi Muhammad sejak usia kecil sudah ditinggal oleh orang-orang yang menyayangi beliau, kondisi tersebut tidak membuat beliau putus asa akan tetapi  beliau menunjukkan ketegaran dan kesabaran. Pada usia remaja beliau telah mendapatkan julukan Al Amin karena kebaikan dan kejujuran beliau dalam tutur kata dan sikap. Pada usia tersebut Nabi Muhammad juga sudah berlatih untuk hidup mandiri dengan ikut serta paman beliau dalam perjalanan dagang ke Syam.
Pada usia Nabi Muhammad yang menginjak 40 tahun, beliau mendapatkan tugas mulia dari Allah untuk mengajak manusia kembali ke jalan yang benar. Beliau menjalankan tugas tersebut dengan penuh amanah dan kesabaran meski mendapatkan banyak rintangan dan tantangan dari keluarga maupun masyarakat Mekah pada umumnya.
Pada periode Madinah Nabi Muhammad dan para sahabat mendapatkan syariat untuk berperang melawan musuh –musuh Islam sebagai bentuk perlindungan terhadap harta dan diri umat Islam. Rasulullah telah banyak memimpin peperangan melawan musuh Islam bersama para sahabat. Peperangan yang dilakukan oleh rasulullah dan para sahabat tidak selamanya meraih kemenangan yang membuat hati mereka senang, tetapi ada beberapa medan peperangan yang menjadikan umat Islam mengalami kekalahan dan menjadikan mereka bersedih.
Para sahabat merasa senang hidup bersama rasulullah, mereka mendapatkan pendidikan islam secara langsung dari beliau. Para sahabat selalu menghadiri majlis ilmu yang diadakan rasulullah. Mereka langsung bertanya kepada rasulullah setiap ada masalah dan mengadakan berbagai pertemuan untuk membahas urusan umat Islam terutama dalam penyebaran Islam ke seluruh alam.
Lika-liku perjalanan Nabi Muhammad perlu dipahami generasi muda sebagai penerus perjuangan Islam. Mereka harus memahami setiap peristiwa yang terjadi di zaman Rasulullah sehingga dapat mengambil hikmah dari semua peristiwa. Diharapkan mereka mampu mencontoh akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi pelurus sejarah Islam yang dewasa ini banyak kalangan intelektual non muslim telah berusaha memadamkan sejarah Islam dan perannya di dalam kancah masyarakat modern.

III.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari Sejarah Islam diharapkan peserta didik mampu;
1.      Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah,
2.      Meneladani akhlak Nabi Muhammad,
3.      Menjelaskan beberapa peperangan yang dialami Nabi Muhammad dan para sahabat
4.      Menjelaskan peristiwa Hudaibiyah
5.      Menjelaskan peristiwa peperangan di zaman Nabi Muhammad
6.      Menjelaskan detik wafatnya Nabi Muhammad

IV.   METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dewasa ini telah berkembang menuju ke arah  stundent center yang mengoptimalkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang dibahas dan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran sirah tidak menafikan peran ustadz sebagai penyampai materi pelajaran, karena pada beberapa pertemuan ustadz dituntut menjelaskan materi pelajaran dengan jelas.


V.      PENILAIAN
Penilaian pembelajaran yang diterapkan adalah tugas, test tertulis dan lisan. Test tertulis dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian, ujian mid semester, ujian akhir semester dan ujian kenaikan kelas. Adapun test lisan dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian dan ujian akhir semester.



VI.   TIME LINE
No
Tanggal
Pembahasan
Kompetensi Santri
Pertemuan
1.
15/7/2018
Perjanjian Hudaibiyah I
a.       Menjelaskan sebab kaum muslimin ingin ke Madinah
b.      Menjelaskan persiapan Nabi Muhammad dan para sahabat untuk pergi ke Madinah
c.       Menyebutkan beberapa utusan dari pihak Kafir Quraisy yang datang ke kaum muslimin
1
2.
22/7/2018
Perjanjian Hudaibiyah II
a.       Menjelaskan peran Utsman sebagai delegasi
b.      Menjelaskan isu terbunuhnya Utsman
c.       Menjelaskan peristiwa Bai`atur Ridwan
d.      Menyebutkan 4 point Perjanjian Hudaibiyah
e.       Menjelaskan tokoh-tokoh yang ada dalam Perjanjian Hudaibiyah
2
3.
29/7/2018
Hikmah Perjanjian Hudaibiyah
a.       Menjelaskan apa yang dapat dipetik dari klausal Perjanjian Hudaibiyah (hlm. 448)
b.      Menjelaskan hikmah peristiwa Perjanjian Hudaibiyah
3
4.
5/8/2018
ULANGAN HARIAN 1
----------
4
5.
12/8/2018
Surat Kepada Raja Najasi
a.       Menjelaskan biografi singkat penguasanya
b.      Menunjukkan sahabat yang menjadi duta
c.       Menjelaskan isi surat
d.      Menjelaskan respon penguasanya terhadap ajakan dakwah Nabi Muhammad
5
6.
19/8/2018
Surat Kepada Raja Muqauqis
a.       Menjelaskan biografi singkat penguasanya
b.      Menunjukkan sahabat yang menjadi duta
c.       Menjelaskan isi surat
d.      Menjelaskan respon penguasanya terhadap ajakan dakwah Nabi Muhammad

6
7.
26/8/2018
Surat Kepada Raja Kisra
a.       Menjelaskan biografi singkat penguasanya
b.      Menunjukkan sahabat yang menjadi duta
c.       Menjelaskan isi surat
d.      Menjelaskan respon penguasanya terhadap ajakan dakwah Nabi Muhammad

7
8.
2/9/2018
ULANGAN HARIAN 2
----------
8
9.
9/9/2018
PEMBAHASAN KISI-KISI UTS I
----------
9
10.
16/9/2018
MASA UTS I
----------
****
11.
23/9/2018
Surat Kepada Raja Qaishar
a.       Menjelaskan biografi singkat penguasanya
b.      Menunjukkan sahabat yang menjadi duta
c.       Menjelaskan isi surat
d.      Menjelaskan diskusi raja dengan Abu Sufan
e.       Menjelaskan respon penguasanya terhadap ajakan dakwah Nabi Muhammad

10
12.
30/9/2018
Surat Kepada Al Mundzir bin Sawa
a.       Menjelaskan biografi singkat 
b.      Menunjukkan sahabat yang menjadi duta
c.       Menjelaskan isi surat
d.      Menjelaskan respon penguasanya terhadap ajakan dakwah Nabi Muhammad

11
13.
7/10/2018
Surat Kepada Raja Oman
a.       Menjelaskan biografi singkat penguasanya
b.      Menunjukkan sahabat yang menjadi duta
c.       Menjelaskan isi surat
d.      Menjelaskan respon penguasanya terhadap ajakan dakwah Nabi Muhammad

12
14.
14/10/2018
Perang Ghabah
a.       Menjelaskan sebab terjadinya perang
b.      Menjelaskan tahun terjadinya perang
c.       Menjelaskan terjadinya perang
d.      Menjelaskan hikmah peperangan
13
15.
21/10/2018
 ULANGAN HARIAN 3
----------
14
16.
28/10/2018
Perang Khaibar I
a.       Menjelaskan latar belakang peperangan
b.      Menjelaskan keberangkatan Rasulullah (hlm.480)
c.       Menjelaskan jalan menuju Khaibar
d.      Menjelaskan 3 peristiwa yang terjadi di tengah perjalanan (hlm. 482)
15
17.
4/11/2018
Kondisi Benteng Khaibar
a.       Menjelaskan persiapan untuk bertempur (hlm. 484)
b.      Menjelaskan kondisi benteng
c.       Menyebutkan benteng yang ada di Khaibar
16
18.
11/11/2018
Penaklukan Benteng Ash Sha`b bin Mu`adz
a.       Menjelaskan persiapan penaklukan
b.      Menjelaskan proses penaklukan benteng
17
19.
18/11/2018
Penaklukan Benteng Az Zubair dan Ubay
a.       Menjelaskan persiapan penaklukan
b.      Menjelaskan proses penaklukan benteng
18
20.
25/11/2018
ULANGAN HARIAN 4
----------
19
21.
2/12/2018
PEMBAHASAN KISI-KISI UAS I
----------
20
22.
9/12/2018
MASA UAS I
----------
****
23.
16/12/2018
MASA UAS I
----------
****
24.
23/12/2018
MASA LIBURAN UAS I
----------
****
25.
30/12/2018
MASA LIBURAN UAS I
----------
****
26.
6/1/2019
Penaklukan Benteng An Nizar
a.       Menjelaskan persiapan penaklukan
b.      Menjelaskan proses penaklukan benteng
21
27.
13/1/2019
Penaklukan Benteng Paruh kedua
a.       Menjelaskan persiapan penaklukan
b.      Menjelaskan proses penaklukan benteng
22
28.
20/1/2019
Pembagian Harta Rampasan Perang dan Peristiwa Daging Domba Yang Disusupi Racun
a.       Menjelaskan pembagian harta rampasan perang
b.      Menjelaskan pernikahan dengan Shafiyah
c.       Menjelaskan peristiwa daging domba yang disusupi racun
23
29.
27/1/2019
ULANGAN HARIAN 5
----------
24
30.
3/2/2019
Perang Dzatur Riqa`
a.       Menjelaskan sebab terjadinya perang
b.      Menjelaskan tahun terjadinya perang
c.       Menjelaskan terjadinya perang
d.      Menjelaskan hikmah peperangan
25
31.
10/2/2019
Umrah Qada`
a.       Menjelaskan tahun Umrah Qadha`
b.      Menjelaskan terjadinya Umrah Qadha`
c.       Menyebutkan 3 satuan perang setelah Umrah Qadha`
26
32.
17/2/2019
MHQ TAHUN 2018
----------
****
33.
24/2/2019
Perang Mu`tah
a.       Menjelaskan sebab terjadinya peperangan
b.      Menjelaskan tahun terjadinya peperangan
c.       Menjelaskan terjadinya peperangan dan peralihan 3 panglima
27
34.
3/3/2019
ULANGAN HARIAN 6
----------
28
35.
10/3/2019
PEMBAHASAN KISI-KISI UTS II
----------
29
36.
17/3/2019
MASA UTS II
----------

37.
24/3/2019
Fathu Mekah
a.       Menjelaskan sebab terjadinya Fathu Mekah
b.      Menjelaskan tahun terjadinya Fathu Mekah
c.       Menjelaskan usaha Abu Sufyan untuk memperbaruhi perjanjian
d.      Menjelaskan kisah masuk islamnya Abu Sufyan
e.       Menjelaskan terjadinya Fathu Mekah
30
38.
31/3/2019
Perang Hunain
a.       Menjelaskan sebab terjadinya peperangan
b.      Menjelaskan tahun terjadinya peperangan
c.       Menjelaskan terjadinya peperangan
31
39.
7/4/2019
ULANGAN HARIAN 7
----------
32
40.
14/4/2019
Perang Tabuk
a.       Menjelaskan sebab terjadinya peperangan
b.      Menjelaskan tahun terjadinya peperangan
c.       Menjelaskan persiapan peperangan dan keteladanan Abu Bakar serta Umar dalam infaq
d.      Menjelaskan perjalanan ke Tabuk
e.       Menjelaskan akhir peperangan
33
41.
21/4/2019
Wafatnya Rasulullah
a.       Menjelaskan masa akhir Nabi Muhammad
b.      Menjelaskan kebijakan Nabi Muhammad ketika sakit
c.       Menjelaskan pemberangkatan pasukan dibawah Usamah bin Zaid
34
42.
28/4/2019
PEMBAHASAN KISI-KISI UAS II
----------
35




VII.SUMBER BACAAN
Abdul Malik Bin Hisyam. 2004. Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam, Jakarta: Darul Falah  
Muhammad Khudeir Beak, Nurul Yaqien fi sirati sayyidil mursalin, Mesir: Daarul Fikr
Syaikh Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury.1997. Ar Rahiqul Maktum, Jakarta: Pustaka Al Kautsar  (utama)
Ali Muhammad As Shallabi. 2014. Sirah Nabawiyyah, Surakarta: Insan Kamil  



Tidak ada komentar: