OUT
LINE PEMBELAJARAN
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
PONDOK
PESANTREN TAHFIDZUL QUR`AN AL IKHLAS
Mata Pelajaran : SI
( Sejarah Islam)
Tingkat :
IX (Putra/Putri)
Semester :
I dan II
Jumlah Pertemuan : 35 pertemuan
Alokasi Waktu : 2
JPL/ 70 menit (1 pertemuan)
Pengajar :
......
I.
PETUNJUK PENGGUNAAN
1.
Membaca outline dari point pertama sampai selesai
2.
Menyiapkan materi berdasarkan time line yang telah dibuat
a.
Pengajar menggunakan buku referensi Sirah Nabawiyah Safiyyurahman
b.
Pengajar melihat kompetensi santri yang diharapkan dalam tiap judul
pembahasan untuk menyiapkan materi
c.
Pengajar membuat ringkasan materi yang mencakup kompetensi santri
dan boleh dikembangkan sendiri berdasarkan buku referensi (tidak semua
pembahasan dalam buku disampaikan)
d.
Tanggal pertemuan silahkan disesuaikan dengan jadwal
3.
Menyampaikan kepada santri outline di awal pembelajaran
4.
Mengajar berdasarkan outline
5.
Pengembangan outline di tiap tahun berdasarkan pedoman pokok sebagai
berikut
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Jumlah Pertemuan
|
35
|
2
|
Jumlah Ulangan Harian
|
7
|
3
|
Jumlah Penyampaian Kisi-Kisi
|
4
|
II.
PENGANTAR
Sejarah
perjalanan Nabi Muhammad memiliki banyak hikmah yang dapat diambil oleh umat
Islam di zaman sekarang dan yang akan datang. Karena beliau adalah uswatun
hasanah yang seluruh perilaku beliau
merupakan cerminan dari Al Qur`an.
Nabi Muhammad
sejak usia kecil sudah ditinggal oleh orang-orang yang menyayangi beliau,
kondisi tersebut tidak membuat beliau putus asa akan tetapi beliau menunjukkan ketegaran dan kesabaran.
Pada usia remaja beliau telah mendapatkan julukan Al Amin karena
kebaikan dan kejujuran beliau dalam tutur kata dan sikap. Pada usia tersebut
Nabi Muhammad juga sudah berlatih untuk hidup mandiri dengan ikut serta paman
beliau dalam perjalanan dagang ke Syam.
Pada usia Nabi
Muhammad yang menginjak 40 tahun, beliau mendapatkan tugas mulia dari Allah
untuk mengajak manusia kembali ke jalan yang benar. Beliau menjalankan tugas
tersebut dengan penuh amanah dan kesabaran meski mendapatkan banyak rintangan
dan tantangan dari keluarga maupun masyarakat Mekah pada umumnya.
Pada periode
Madinah Nabi Muhammad dan para sahabat mendapatkan syariat untuk berperang
melawan musuh –musuh Islam sebagai bentuk perlindungan terhadap harta dan diri
umat Islam. Rasulullah telah banyak memimpin peperangan melawan musuh Islam
bersama para sahabat. Peperangan yang dilakukan oleh rasulullah dan para
sahabat tidak selamanya meraih kemenangan yang membuat hati mereka senang,
tetapi ada beberapa medan peperangan yang menjadikan umat Islam mengalami
kekalahan dan menjadikan mereka bersedih.
Para sahabat
merasa senang hidup bersama rasulullah, mereka mendapatkan pendidikan islam
secara langsung dari beliau. Para sahabat selalu menghadiri majlis ilmu yang
diadakan rasulullah. Mereka langsung bertanya kepada rasulullah setiap ada
masalah dan mengadakan berbagai pertemuan untuk membahas urusan umat Islam
terutama dalam penyebaran Islam ke seluruh alam.
Lika-liku
perjalanan Nabi Muhammad perlu dipahami generasi muda sebagai penerus
perjuangan Islam. Mereka harus memahami setiap peristiwa yang terjadi di zaman
Rasulullah sehingga dapat mengambil hikmah dari semua peristiwa. Diharapkan
mereka mampu mencontoh akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat
menjadi pelurus sejarah Islam yang dewasa ini banyak kalangan intelektual non
muslim telah berusaha memadamkan sejarah Islam dan perannya di dalam kancah
masyarakat modern.
III.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari Sejarah Islam diharapkan peserta didik mampu;
1.
Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah,
2.
Meneladani akhlak Nabi Muhammad,
3.
Menjelaskan beberapa peperangan yang dialami Nabi Muhammad dan para
sahabat
4.
Menjelaskan peristiwa Hudaibiyah
5.
Menjelaskan peristiwa peperangan di zaman Nabi Muhammad
6.
Menjelaskan detik wafatnya Nabi Muhammad
IV.
METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dewasa ini telah berkembang menuju ke arah stundent center yang mengoptimalkan
kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang dibahas dan guru
sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran sirah tidak
menafikan peran ustadz sebagai penyampai materi pelajaran, karena pada beberapa
pertemuan ustadz dituntut menjelaskan materi pelajaran dengan jelas.
V.
PENILAIAN
Penilaian pembelajaran yang diterapkan adalah tugas, test tertulis
dan lisan. Test tertulis dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian, ujian mid
semester, ujian akhir semester dan ujian kenaikan kelas. Adapun test lisan
dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian dan ujian akhir semester.
VI.
TIME LINE
No
|
Tanggal
|
Pembahasan
|
Kompetensi Santri
|
Pertemuan
|
1.
|
15/7/2018
|
Perjanjian
Hudaibiyah I
|
a.
Menjelaskan
sebab kaum muslimin ingin ke Madinah
b.
Menjelaskan
persiapan Nabi Muhammad dan para sahabat untuk pergi ke Madinah
c.
Menyebutkan
beberapa utusan dari pihak Kafir Quraisy yang datang ke kaum muslimin
|
1
|
2.
|
22/7/2018
|
Perjanjian
Hudaibiyah II
|
a.
Menjelaskan
peran Utsman sebagai delegasi
b.
Menjelaskan
isu terbunuhnya Utsman
c.
Menjelaskan
peristiwa Bai`atur Ridwan
d.
Menyebutkan
4 point Perjanjian Hudaibiyah
e.
Menjelaskan
tokoh-tokoh yang ada dalam Perjanjian Hudaibiyah
|
2
|
3.
|
29/7/2018
|
Hikmah Perjanjian Hudaibiyah
|
a.
Menjelaskan
apa yang dapat dipetik dari klausal Perjanjian Hudaibiyah (hlm. 448)
b.
Menjelaskan
hikmah peristiwa Perjanjian Hudaibiyah
|
3
|
4.
|
5/8/2018
|
ULANGAN HARIAN 1
|
----------
|
4
|
5.
|
12/8/2018
|
Surat Kepada Raja Najasi
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat penguasanya
b.
Menunjukkan
sahabat yang menjadi duta
c.
Menjelaskan
isi surat
d.
Menjelaskan
respon penguasanya terhadap ajakan dakwah Nabi Muhammad
|
5
|
6.
|
19/8/2018
|
Surat Kepada Raja Muqauqis
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat penguasanya
b.
Menunjukkan
sahabat yang menjadi duta
c.
Menjelaskan
isi surat
d.
Menjelaskan
respon penguasanya terhadap ajakan dakwah Nabi Muhammad
|
6
|
7.
|
26/8/2018
|
Surat Kepada Raja Kisra
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat penguasanya
b.
Menunjukkan
sahabat yang menjadi duta
c.
Menjelaskan
isi surat
d.
Menjelaskan
respon penguasanya terhadap ajakan dakwah Nabi Muhammad
|
7
|
8.
|
2/9/2018
|
ULANGAN
HARIAN 2
|
----------
|
8
|
9.
|
9/9/2018
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UTS I
|
----------
|
9
|
10.
|
16/9/2018
|
MASA
UTS I
|
----------
|
****
|
11.
|
23/9/2018
|
Surat Kepada Raja Qaishar
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat penguasanya
b.
Menunjukkan
sahabat yang menjadi duta
c.
Menjelaskan
isi surat
d.
Menjelaskan
diskusi raja dengan Abu Sufan
e.
Menjelaskan
respon penguasanya terhadap ajakan dakwah Nabi Muhammad
|
10
|
12.
|
30/9/2018
|
Surat Kepada Al Mundzir bin Sawa
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat
b.
Menunjukkan
sahabat yang menjadi duta
c.
Menjelaskan
isi surat
d.
Menjelaskan
respon penguasanya terhadap ajakan dakwah Nabi Muhammad
|
11
|
13.
|
7/10/2018
|
Surat Kepada Raja Oman
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat penguasanya
b.
Menunjukkan
sahabat yang menjadi duta
c.
Menjelaskan
isi surat
d.
Menjelaskan
respon penguasanya terhadap ajakan dakwah Nabi Muhammad
|
12
|
14.
|
14/10/2018
|
Perang
Ghabah
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya perang
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya perang
c.
Menjelaskan
terjadinya perang
d.
Menjelaskan
hikmah peperangan
|
13
|
15.
|
21/10/2018
|
ULANGAN HARIAN 3
|
----------
|
14
|
16.
|
28/10/2018
|
Perang
Khaibar I
|
a.
Menjelaskan
latar belakang peperangan
b.
Menjelaskan
keberangkatan Rasulullah (hlm.480)
c.
Menjelaskan
jalan menuju Khaibar
d.
Menjelaskan
3 peristiwa yang terjadi di tengah perjalanan (hlm. 482)
|
15
|
17.
|
4/11/2018
|
Kondisi
Benteng Khaibar
|
a.
Menjelaskan
persiapan untuk bertempur (hlm. 484)
b.
Menjelaskan
kondisi benteng
c.
Menyebutkan
benteng yang ada di Khaibar
|
16
|
18.
|
11/11/2018
|
Penaklukan
Benteng Ash Sha`b bin Mu`adz
|
a.
Menjelaskan
persiapan penaklukan
b.
Menjelaskan
proses penaklukan benteng
|
17
|
19.
|
18/11/2018
|
Penaklukan
Benteng Az Zubair dan Ubay
|
a.
Menjelaskan
persiapan penaklukan
b.
Menjelaskan
proses penaklukan benteng
|
18
|
20.
|
25/11/2018
|
ULANGAN
HARIAN 4
|
----------
|
19
|
21.
|
2/12/2018
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UAS I
|
----------
|
20
|
22.
|
9/12/2018
|
MASA
UAS I
|
----------
|
****
|
23.
|
16/12/2018
|
MASA
UAS I
|
----------
|
****
|
24.
|
23/12/2018
|
MASA
LIBURAN UAS I
|
----------
|
****
|
25.
|
30/12/2018
|
MASA
LIBURAN UAS I
|
----------
|
****
|
26.
|
6/1/2019
|
Penaklukan
Benteng An Nizar
|
a.
Menjelaskan
persiapan penaklukan
b.
Menjelaskan
proses penaklukan benteng
|
21
|
27.
|
13/1/2019
|
Penaklukan
Benteng Paruh kedua
|
a.
Menjelaskan
persiapan penaklukan
b.
Menjelaskan
proses penaklukan benteng
|
22
|
28.
|
20/1/2019
|
Pembagian
Harta Rampasan Perang dan Peristiwa Daging Domba Yang Disusupi Racun
|
a.
Menjelaskan
pembagian harta rampasan perang
b.
Menjelaskan
pernikahan dengan Shafiyah
c.
Menjelaskan
peristiwa daging domba yang disusupi racun
|
23
|
29.
|
27/1/2019
|
ULANGAN
HARIAN 5
|
----------
|
24
|
30.
|
3/2/2019
|
Perang
Dzatur Riqa`
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya perang
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya perang
c.
Menjelaskan
terjadinya perang
d.
Menjelaskan
hikmah peperangan
|
25
|
31.
|
10/2/2019
|
Umrah
Qada`
|
a.
Menjelaskan
tahun Umrah Qadha`
b.
Menjelaskan
terjadinya Umrah Qadha`
c.
Menyebutkan
3 satuan perang setelah Umrah Qadha`
|
26
|
32.
|
17/2/2019
|
MHQ
TAHUN 2018
|
----------
|
****
|
33.
|
24/2/2019
|
Perang
Mu`tah
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya peperangan
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya peperangan
c.
Menjelaskan
terjadinya peperangan dan peralihan 3 panglima
|
27
|
34.
|
3/3/2019
|
ULANGAN
HARIAN 6
|
----------
|
28
|
35.
|
10/3/2019
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UTS II
|
----------
|
29
|
36.
|
17/3/2019
|
MASA
UTS II
|
----------
|
|
37.
|
24/3/2019
|
Fathu
Mekah
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya Fathu Mekah
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya Fathu Mekah
c.
Menjelaskan
usaha Abu Sufyan untuk memperbaruhi perjanjian
d.
Menjelaskan
kisah masuk islamnya Abu Sufyan
e.
Menjelaskan
terjadinya Fathu Mekah
|
30
|
38.
|
31/3/2019
|
Perang
Hunain
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya peperangan
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya peperangan
c.
Menjelaskan
terjadinya peperangan
|
31
|
39.
|
7/4/2019
|
ULANGAN
HARIAN 7
|
----------
|
32
|
40.
|
14/4/2019
|
Perang
Tabuk
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya peperangan
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya peperangan
c.
Menjelaskan
persiapan peperangan dan keteladanan Abu Bakar serta Umar dalam infaq
d.
Menjelaskan
perjalanan ke Tabuk
e.
Menjelaskan
akhir peperangan
|
33
|
41.
|
21/4/2019
|
Wafatnya
Rasulullah
|
a.
Menjelaskan
masa akhir Nabi Muhammad
b.
Menjelaskan
kebijakan Nabi Muhammad ketika sakit
c.
Menjelaskan
pemberangkatan pasukan dibawah Usamah bin Zaid
|
34
|
42.
|
28/4/2019
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UAS II
|
----------
|
35
|
VII.SUMBER BACAAN
Abdul Malik Bin
Hisyam. 2004. Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam, Jakarta: Darul Falah
Muhammad
Khudeir Beak, Nurul Yaqien fi sirati sayyidil mursalin, Mesir: Daarul
Fikr
Syaikh
Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury.1997. Ar Rahiqul Maktum, Jakarta:
Pustaka Al Kautsar (utama)
Ali Muhammad As
Shallabi. 2014. Sirah Nabawiyyah, Surakarta: Insan Kamil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar