OUT
LINE PEMBELAJARAN
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
PONDOK
PESANTREN TAHFIDZUL QUR`AN AL IKHLAS
Mata Pelajaran : SI
( Sejarah Islam)
Tingkat :
VIII (Putra/Putri)
Semester :
I dan II
Jumlah Pertemuan : 35 pertemuan
Alokasi Waktu : 2
JPL/ 70 menit (1 pertemuan)
Pengajar :
......
I.
PETUNJUK PENGGUNAAN
1.
Membaca outline dari point pertama sampai selesai
2.
Menyiapkan materi berdasarkan time line yang telah dibuat
a.
Pengajar menggunakan buku referensi Sirah Nabawiyah Safiyyurahman
b.
Pengajar melihat kompetensi santri yang diharapkan dalam tiap judul
pembahasan untuk menyiapkan materi
c.
Pengajar membuat ringkasan materi yang mencakup kompetensi santri
dan boleh dikembangkan sendiri berdasarkan buku referensi (tidak semua
pembahasan dalam buku disampaikan)
d.
Tanggal pertemuan silahkan disesuaikan dengan jadwal
3.
Menyampaikan kepada santri outline di awal pembelajaran
4.
Mengajar berdasarkan outline
5.
Pengembangan outline di tiap tahun berdasarkan pedoman pokok sebagai
berikut
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Jumlah Pertemuan
|
35
|
2
|
Jumlah Ulangan Harian
|
8
|
3
|
Jumlah Penyampaian Kisi-Kisi
|
4
|
II.
PENGANTAR
Sejarah
perjalanan Nabi Muhammad memiliki banyak hikmah yang dapat diambil oleh umat
Islam di zaman sekarang dan yang akan datang. Karena beliau adalah uswatun
hasanah yang seluruh perilaku beliau
merupakan cerminan dari Al Qur`an.
Nabi Muhammad
sejak usia kecil sudah ditinggal oleh orang-orang yang menyayangi beliau,
kondisi tersebut tidak membuat beliau putus asa akan tetapi beliau menunjukkan ketegaran dan kesabaran.
Pada usia remaja beliau telah mendapatkan julukan Al Amin karena
kebaikan dan kejujuran beliau dalam tutur kata dan sikap. Pada usia tersebut
Nabi Muhammad juga sudah berlatih untuk hidup mandiri dengan ikut serta paman
beliau dalam perjalanan dagang ke Syam.
Pada usia Nabi
Muhammad yang menginjak 40 tahun, beliau mendapatkan tugas mulia dari Allah
untuk mengajak manusia kembali ke jalan yang benar. Beliau menjalankan tugas
tersebut dengan penuh amanah dan kesabaran meski mendapatkan banyak rintangan
dan tantangan dari keluarga maupun masyarakat Mekah pada umumnya.
Pada periode
Madinah Nabi Muhammad dan para sahabat mendapatkan syariat untuk berperang
melawan musuh –musuh Islam sebagai bentuk perlindungan terhadap harta dan diri
umat Islam. Rasulullah telah banyak memimpin peperangan melawan musuh Islam
bersama para sahabat. Peperangan yang dilakukan oleh rasulullah dan para
sahabat tidak selamanya meraih kemenangan yang membuat hati mereka senang,
tetapi ada beberapa medan peperangan yang menjadikan umat Islam mengalami
kekalahan dan menjadikan mereka bersedih.
Para sahabat
merasa senang hidup bersama rasulullah, mereka mendapatkan pendidikan islam
secara langsung dari beliau. Para sahabat selalu menghadiri majlis ilmu yang
diadakan rasulullah. Mereka langsung bertanya kepada rasulullah setiap ada
masalah dan mengadakan berbagai pertemuan untuk membahas urusan umat Islam
terutama dalam penyebaran Islam ke seluruh alam.
Lika-liku
perjalanan Nabi Muhammad perlu dipahami generasi muda sebagai penerus
perjuangan Islam. Mereka harus memahami setiap peristiwa yang terjadi di zaman
Rasulullah sehingga dapat mengambil hikmah dari semua peristiwa. Diharapkan
mereka mampu mencontoh akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat
menjadi pelurus sejarah Islam yang dewasa ini banyak kalangan intelektual non
muslim telah berusaha memadamkan sejarah Islam dan perannya di dalam kancah
masyarakat modern.
III.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari Sejarah Islam diharapkan peserta didik mampu;
1.
Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah,
2.
Meneladani akhlak Nabi Muhammad,
3.
Menjelaskan hijrah Nabi Muhammad ke Madinah,
4.
Menjelaskan langkah Nabi Muhammad dalam mempersaudarakan kaum
muslimin
5.
Menjelaskan beberapa peperangan yang dialami Nabi Muhammad dan para
sahabat
IV.
METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dewasa ini telah berkembang menuju ke arah stundent center yang mengoptimalkan
kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang dibahas dan guru
sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran sirah tidak
menafikan peran ustadz sebagai penyampai materi pelajaran, karena pada beberapa
pertemuan ustadz dituntut menjelaskan materi pelajaran dengan jelas.
V.
PENILAIAN
Penilaian pembelajaran yang diterapkan adalah tugas, test tertulis
dan lisan. Test tertulis dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian, ujian mid
semester, ujian akhir semester dan ujian kenaikan kelas. Adapun test lisan
dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian dan ujian akhir semester.
VI.
TIME LINE
No
|
Tanggal
|
Pembahasan
|
Kompetensi Santri
|
Pertemuan
|
1.
|
15/7/2018
|
Permulaan
Hijrah Ke Madinah
|
a.
Menjelaskan
pengertian Hijrah
b.
Mengetahui
rencana Kafir Quraisy membunuh Nabi Muhammad
c.
Menyebutkan
11 pemuka Quraisy yang akan membunuh Nabi Muhammad
d.
Menjelaskan
peristiwa selamatnya Nabi Muhammad dari kepungan
e.
Menjelaskan
peristiwa di Gua Tsur
f.
Menyebutkan
nama orang yang penunjuk jalan Nabi Muhammad
|
1
|
2.
|
22/7/2018
|
Nabi
Muhammad di Quba`
|
a.
Menjelaskan
waktu kedatangan Nabi Muhammad di Quba`
b.
Menjelaskan
tempat tinggal Nabi Muhammad di Quba` tepatnya di Kultsum bin Al Hidm
c.
Menjelaskan
lamanya Nabi Muhammad di Quba`
d.
Menyebutkan
nama masjid yang dibangun di Quba` dan nama lainnya
|
2
|
3.
|
29/7/2018
|
Nabi Muhammad di Madinah
|
a.
Menjelaskan
waktu kedatangan Nabi Muhammad di Madinah
b.
Menjelaskan
sambutan penduduk Madinah terhadap kedatangan Nabi Muhammad
c.
Menjelaskan
tempat tinggal Nabi Muhammad selama di Madinah
|
3
|
4.
|
5/8/2018
|
ULANGAN HARIAN 1
|
----------
|
4
|
5.
|
12/8/2018
|
Membangunan Masyarakat Baru di
Madinah
|
a.
Menjelaskan
langkah Nabi Muhammad dalam memperkuat persaudaraan antar sesama muslim
b.
Menyebutkan
komponen masyarakat Madinah yang terdiri dari muslimin, musryik dan Yahudi
(Qoinuqa, Nadhir dan Quraizah)
c.
Menyebutkan
5 butir perjanjian Islam
(hlm. 250) (disampaikan urut sesuai buku)
d.
Menyebutkan
5 butir perjanjian orang Islam dengan Yahudi (hlm. 255) (disampaikan urut
sesuai buku)
|
5
|
6.
|
19/8/2018
|
Perang
Badar
|
a.
Menjelaskan
pengertian Syariah dan Ghazwah
b.
Menjelaskan
sebab terjadinya Perang Badar
c.
Menjelaskan
tahun terjadinya Perang Badar
d.
Menjelaskan
kekuatan pasukan Islam
e.
Menjelaskan
kekuatan pasukan Kafir Quraisy
f.
Menjelaskan
terjadinya perang Badar
g.
Menjelaskan
jumlah korban dari muslim dan kafir
|
6
|
7.
|
26/8/2018
|
Perang Bani Qoinuqa`
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya peperangan
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya peperangan
c.
Menunjukkan
nama sahabat yang menjadi wakil Nabi Muhammad di Madinah
d.
Menjelaskan
terjadinya perang dan masa pengepungan
|
7
|
8.
|
2/9/2018
|
ULANGAN
HARIAN 2
|
----------
|
8
|
9.
|
9/9/2018
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UTS I
|
----------
|
9
|
10.
|
16/9/2018
|
MASA
UTS I
|
----------
|
****
|
11.
|
23/9/2018
|
Perang As Sawiq
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya peperangan
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya peperangan
c.
Menjelaskan
terjadinya perang
|
10
|
12.
|
30/9/2018
|
Perang Uhud
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya Perang Badar
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya Perang Badar
c.
Menjelaskan
kekuatan pasukan Islam
d.
Menjelaskan
kekuatan pasukan Kafir Quraisy
e.
Menjelaskan
terjadinya perang Uhud
f.
Menjelaskan
terbunuhnya Hamzah dan Umayah bin Khalaf
|
11
|
13.
|
7/10/2018
|
Utusan ke Ar Raji`
|
a.
Menjelaskan
tahun pengiriman utusan
b.
Menjelaskan
nasib utusan yang dikhianati
|
12
|
14.
|
14/10/2018
|
Tragedi
Bir Ma`unah
|
a.
Menjelaskan
tahun pengiriman utusan
b.
Menjelaskan
nasib utusan yang dikhianati
c.
Menjelaskan
sikap Nabi Muhammad mendengar peristiwa Bir Ma`unah
|
13
|
15.
|
21/10/2018
|
ULANGAN HARIAN 3
|
----------
|
14
|
16.
|
28/10/2018
|
Perang
Bani Nadhir
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya perang
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya perang
h.
Menjelaskan
terjadinya perang
c.
Menjelaskan
nasib Yahudi Nadhir setelah pengusiran
d.
Menjelaskan
beberapa ghanimah (hlm. 383)
|
15
|
17.
|
4/11/2018
|
Perang
Dumatul Jandal
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya perang
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya perang
c.
Menunjukkan
orang yang dijadikan penunjuk jalan Rasulullah
d.
Menjelaskan
sikap penduduk Dumatul Jandal ketika pasukan Islam datang
e.
Menjelaskan
langkah Nabi Muhammad setelah perang (menempatkan Uyainah)
|
16
|
18.
|
11/11/2018
|
Perang
Khandaq I
|
a.
Menjelaskan
nama lain perang ini
b.
Menjelaskan
sebab terjadinya peperangan
c.
Menjelaskan
usulan Salman
d.
Menjelaskan
peran Jabir bin Abdullah dalam Perang ini (Hlm. 391)
e.
Menjelaskan
nubuwat Nabi Muhammad (Hlm. 392)
|
17
|
19.
|
18/11/2018
|
Perang
Khandaq II
|
a.
Menjelaskan
tahun terjadinya perang
b.
Menjelaskan
kekuatan Kafir Quraisy (Hlm. 393)
c.
Menjelaskan
orang kafir Quraisy yang berhasil menerobos parit
d.
Menjelaskan
akhir perang Khandaq
|
18
|
20.
|
25/11/2018
|
ULANGAN
HARIAN 4
|
----------
|
19
|
21.
|
2/12/2018
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UAS I
|
----------
|
20
|
22.
|
9/12/2018
|
MASA
UAS I
|
----------
|
****
|
23.
|
16/12/2018
|
MASA
UAS I
|
----------
|
****
|
24.
|
23/12/2018
|
MASA
LIBURAN UAS I
|
----------
|
****
|
25.
|
30/12/2018
|
MASA
LIBURAN UAS I
|
----------
|
****
|
26.
|
6/1/2019
|
Perang
Bani Quraizah I
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya perang
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya perang
c.
Menyebutkan
3 tawaran kepada Yahudi
d.
Menjelaskan
peran Abu Lubabah
|
21
|
27.
|
13/1/2019
|
Perang
Bani Quraizah II
|
a.
Menjelaskan
peran Sa`ad bin Muadz
b.
Menjelaskan
putusan kaum muslimin terhadap Yahudi
c.
Menyebutkan
jumlah Yahudi yang dibunuh
d.
Menjelaskan
pembagian ghanimah (hlm.410)
|
22
|
28.
|
20/1/2019
|
Perang
Bani Lahyan
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya perang
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya perang
c.
Menjelaskan
respon Bani Lahyan atas kedatangan Rasulullah
|
23
|
29.
|
27/1/2019
|
ULANGAN
HARIAN 5
|
----------
|
24
|
30.
|
3/2/2019
|
Pengiriman
Satuan-Satuan Perang
|
a.
Menyebutkan
4 satuan perang yang ditunjuk Rasulullah setelah Perang Bani Lahyan (hlm.417)
b.
Menjelaskan
nama satuan dan waktu pengiriman
|
25
|
31.
|
10/2/2019
|
Perang
Bani Musthaliq
|
a.
Menjelaskan
nama lain perang ini
b.
Menjelaskan
sebab terjadinya peperangan
c.
Menjelaskan
tahun terjadinya perang
d.
Menjelaskan
terjadinya perang
e.
Menjelaskan
nasib tawanan (hlm.424)
|
26
|
32.
|
17/2/2019
|
MHQ
TAHUN 2018
|
----------
|
****
|
33.
|
24/2/2019
|
Hadisul
Ifk (Berita Bohong)
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya
b.
Menjelaskan
sikap penduduk Madinah
c.
Menjelaskan
sikap Rasulullah
d.
Menghafal
surat An Nur 11 yang menghilangkan berita bohong tersebut
|
27
|
34.
|
3/3/2019
|
ULANGAN
HARIAN 6
|
----------
|
28
|
35.
|
10/3/2019
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UTS II
|
----------
|
29
|
36.
|
17/3/2019
|
MASA
UTS II
|
----------
|
|
37.
|
24/3/2019
|
Pengiriman
Satuan Pasukan Sesudah Perang Bani Musthaliq
|
a.
Menyebutkan
satuan perang yang dikirim
b.
Menjelaskan
nama dan tahun pengiriman satuan perang
|
30
|
38.
|
31/3/2019
|
Satuan
pasukan Abdurrahman dan Ali
|
Menjelaskan peristiwa yang terjadi
selama pengiriman satuan pasukan tersebut
|
31
|
39.
|
7/4/2019
|
ULANGAN
HARIAN 7
|
----------
|
32
|
40.
|
14/4/2019
|
Satuan
pasukan Abu Bakar dan Kurz
|
Menjelaskan peristiwa yang terjadi
selama pengiriman satuan pasukan tersebut
|
33
|
41.
|
21/4/2019
|
ULANGAN
HARIAN 8
|
----------
|
34
|
42.
|
28/4/2019
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UAS II
|
----------
|
35
|
VII.SUMBER BACAAN
Abdul Malik Bin
Hisyam. 2004. Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam, Jakarta: Darul Falah
Muhammad
Khudeir Beak, Nurul Yaqien fi sirati sayyidil mursalin, Mesir: Daarul
Fikr
Syaikh
Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury.1997. Ar Rahiqul Maktum, Jakarta:
Pustaka Al Kautsar (utama)
Ali Muhammad As
Shallabi. 2014. Sirah Nabawiyyah, Surakarta: Insan Kamil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar