November 29, 2015

OUT LINE SI VIII PPTQ AL IKHLAS, SUKOHARJO


OUT LINE PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR`AN AL IKHLAS
 

Mata Pelajaran            : SI ( Sejarah Islam)

Tingkat                        : VIII (Putra/Putri)
Semester                      : I dan II
Jumlah Pertemuan      : 35 pertemuan
Alokasi Waktu            :  2 JPL/ 70 menit  (1 pertemuan)
Pengajar                      : ......




I.         PETUNJUK PENGGUNAAN
1.      Membaca outline dari point pertama sampai selesai
2.      Menyiapkan materi berdasarkan time line yang telah dibuat
a.       Pengajar menggunakan buku referensi Sirah Nabawiyah Safiyyurahman
b.      Pengajar melihat kompetensi santri yang diharapkan dalam tiap judul pembahasan untuk menyiapkan materi
c.       Pengajar membuat ringkasan materi yang mencakup kompetensi santri dan boleh dikembangkan sendiri berdasarkan buku referensi (tidak semua pembahasan dalam buku disampaikan)
d.      Tanggal pertemuan silahkan disesuaikan dengan jadwal

3.      Menyampaikan kepada santri outline di awal pembelajaran
4.      Mengajar berdasarkan outline
5.      Pengembangan outline di tiap tahun berdasarkan pedoman pokok sebagai berikut
No
Keterangan
Jumlah
1
Jumlah Pertemuan
35
2
Jumlah Ulangan Harian
8
3
Jumlah Penyampaian Kisi-Kisi
4






II.      PENGANTAR
Sejarah perjalanan Nabi Muhammad memiliki banyak hikmah yang dapat diambil oleh umat Islam di zaman sekarang dan yang akan datang. Karena beliau adalah uswatun hasanah  yang seluruh perilaku beliau merupakan cerminan dari Al Qur`an.
Nabi Muhammad sejak usia kecil sudah ditinggal oleh orang-orang yang menyayangi beliau, kondisi tersebut tidak membuat beliau putus asa akan tetapi  beliau menunjukkan ketegaran dan kesabaran. Pada usia remaja beliau telah mendapatkan julukan Al Amin karena kebaikan dan kejujuran beliau dalam tutur kata dan sikap. Pada usia tersebut Nabi Muhammad juga sudah berlatih untuk hidup mandiri dengan ikut serta paman beliau dalam perjalanan dagang ke Syam.
Pada usia Nabi Muhammad yang menginjak 40 tahun, beliau mendapatkan tugas mulia dari Allah untuk mengajak manusia kembali ke jalan yang benar. Beliau menjalankan tugas tersebut dengan penuh amanah dan kesabaran meski mendapatkan banyak rintangan dan tantangan dari keluarga maupun masyarakat Mekah pada umumnya.
Pada periode Madinah Nabi Muhammad dan para sahabat mendapatkan syariat untuk berperang melawan musuh –musuh Islam sebagai bentuk perlindungan terhadap harta dan diri umat Islam. Rasulullah telah banyak memimpin peperangan melawan musuh Islam bersama para sahabat. Peperangan yang dilakukan oleh rasulullah dan para sahabat tidak selamanya meraih kemenangan yang membuat hati mereka senang, tetapi ada beberapa medan peperangan yang menjadikan umat Islam mengalami kekalahan dan menjadikan mereka bersedih.
Para sahabat merasa senang hidup bersama rasulullah, mereka mendapatkan pendidikan islam secara langsung dari beliau. Para sahabat selalu menghadiri majlis ilmu yang diadakan rasulullah. Mereka langsung bertanya kepada rasulullah setiap ada masalah dan mengadakan berbagai pertemuan untuk membahas urusan umat Islam terutama dalam penyebaran Islam ke seluruh alam.
Lika-liku perjalanan Nabi Muhammad perlu dipahami generasi muda sebagai penerus perjuangan Islam. Mereka harus memahami setiap peristiwa yang terjadi di zaman Rasulullah sehingga dapat mengambil hikmah dari semua peristiwa. Diharapkan mereka mampu mencontoh akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi pelurus sejarah Islam yang dewasa ini banyak kalangan intelektual non muslim telah berusaha memadamkan sejarah Islam dan perannya di dalam kancah masyarakat modern.

III.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari Sejarah Islam diharapkan peserta didik mampu;
1.      Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah,
2.      Meneladani akhlak Nabi Muhammad,
3.      Menjelaskan hijrah Nabi Muhammad ke Madinah,
4.      Menjelaskan langkah Nabi Muhammad dalam mempersaudarakan kaum muslimin
5.      Menjelaskan beberapa peperangan yang dialami Nabi Muhammad dan para sahabat

IV.   METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dewasa ini telah berkembang menuju ke arah  stundent center yang mengoptimalkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang dibahas dan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran sirah tidak menafikan peran ustadz sebagai penyampai materi pelajaran, karena pada beberapa pertemuan ustadz dituntut menjelaskan materi pelajaran dengan jelas.


V.      PENILAIAN
Penilaian pembelajaran yang diterapkan adalah tugas, test tertulis dan lisan. Test tertulis dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian, ujian mid semester, ujian akhir semester dan ujian kenaikan kelas. Adapun test lisan dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian dan ujian akhir semester.



VI.   TIME LINE
No
Tanggal
Pembahasan
Kompetensi Santri
Pertemuan
1.
15/7/2018
Permulaan Hijrah Ke Madinah
a.       Menjelaskan pengertian Hijrah
b.      Mengetahui rencana Kafir Quraisy membunuh Nabi Muhammad
c.       Menyebutkan 11 pemuka Quraisy yang akan membunuh Nabi Muhammad
d.      Menjelaskan peristiwa selamatnya Nabi Muhammad dari kepungan  
e.       Menjelaskan peristiwa di Gua Tsur
f.       Menyebutkan nama orang yang penunjuk jalan Nabi Muhammad
1
2.
22/7/2018
Nabi Muhammad di Quba`
a.       Menjelaskan waktu kedatangan Nabi Muhammad di Quba`
b.      Menjelaskan tempat tinggal Nabi Muhammad di Quba` tepatnya di Kultsum bin Al Hidm
c.       Menjelaskan lamanya Nabi Muhammad di Quba`
d.      Menyebutkan nama masjid yang dibangun di Quba` dan nama lainnya
2
3.
29/7/2018
Nabi Muhammad di Madinah
a.       Menjelaskan waktu kedatangan Nabi Muhammad di Madinah
b.      Menjelaskan sambutan penduduk Madinah terhadap kedatangan Nabi Muhammad
c.       Menjelaskan tempat tinggal Nabi Muhammad selama di Madinah
3
4.
5/8/2018
ULANGAN HARIAN 1
----------
4
5.
12/8/2018
Membangunan Masyarakat Baru di Madinah
a.       Menjelaskan langkah Nabi Muhammad dalam memperkuat persaudaraan antar sesama muslim
b.      Menyebutkan komponen masyarakat Madinah yang terdiri dari muslimin, musryik dan Yahudi (Qoinuqa, Nadhir dan Quraizah)
c.       Menyebutkan 5 butir perjanjian Islam           (hlm. 250) (disampaikan urut sesuai buku)
d.      Menyebutkan 5 butir perjanjian orang Islam dengan Yahudi (hlm. 255) (disampaikan urut sesuai buku)
5
6.
19/8/2018
Perang Badar
a.       Menjelaskan pengertian Syariah dan Ghazwah
b.      Menjelaskan sebab terjadinya Perang Badar
c.       Menjelaskan tahun terjadinya Perang Badar
d.      Menjelaskan kekuatan pasukan Islam
e.       Menjelaskan kekuatan pasukan Kafir Quraisy
f.       Menjelaskan terjadinya perang Badar
g.      Menjelaskan jumlah korban dari muslim dan kafir
6
7.
26/8/2018
Perang Bani Qoinuqa`
a.       Menjelaskan sebab terjadinya peperangan
b.      Menjelaskan tahun terjadinya peperangan
c.       Menunjukkan nama sahabat yang menjadi wakil Nabi Muhammad di Madinah
d.      Menjelaskan terjadinya perang dan masa pengepungan
7
8.
2/9/2018
ULANGAN HARIAN 2
----------
8
9.
9/9/2018
PEMBAHASAN KISI-KISI UTS I
----------
9
10.
16/9/2018
MASA UTS I
----------
****
11.
23/9/2018
Perang As Sawiq
a.       Menjelaskan sebab terjadinya peperangan
b.      Menjelaskan tahun terjadinya peperangan
c.       Menjelaskan terjadinya perang
10
12.
30/9/2018
Perang Uhud
a.       Menjelaskan sebab terjadinya Perang Badar
b.      Menjelaskan tahun terjadinya Perang Badar
c.       Menjelaskan kekuatan pasukan Islam
d.      Menjelaskan kekuatan pasukan Kafir Quraisy
e.       Menjelaskan terjadinya perang Uhud
f.       Menjelaskan terbunuhnya Hamzah dan Umayah bin Khalaf
11
13.
7/10/2018
Utusan ke Ar Raji`
a.       Menjelaskan tahun pengiriman utusan
b.      Menjelaskan nasib utusan yang dikhianati
12
14.
14/10/2018
Tragedi Bir Ma`unah
a.       Menjelaskan tahun pengiriman utusan
b.      Menjelaskan nasib utusan yang dikhianati
c.       Menjelaskan sikap Nabi Muhammad mendengar peristiwa Bir Ma`unah
13
15.
21/10/2018
 ULANGAN HARIAN 3
----------
14
16.
28/10/2018
Perang Bani Nadhir
a.       Menjelaskan sebab terjadinya perang
b.      Menjelaskan tahun terjadinya perang
h.      Menjelaskan terjadinya perang
c.       Menjelaskan nasib Yahudi Nadhir setelah pengusiran
d.      Menjelaskan beberapa ghanimah (hlm. 383)
15
17.
4/11/2018
Perang Dumatul Jandal
a.       Menjelaskan sebab terjadinya perang
b.      Menjelaskan tahun terjadinya perang
c.       Menunjukkan orang yang dijadikan penunjuk jalan Rasulullah
d.      Menjelaskan sikap penduduk Dumatul Jandal ketika pasukan Islam datang
e.       Menjelaskan langkah Nabi Muhammad setelah perang (menempatkan Uyainah)
16
18.
11/11/2018
Perang Khandaq I
a.       Menjelaskan nama lain perang ini
b.      Menjelaskan sebab terjadinya peperangan
c.       Menjelaskan usulan Salman
d.      Menjelaskan peran Jabir bin Abdullah dalam Perang ini (Hlm. 391)
e.       Menjelaskan nubuwat Nabi Muhammad (Hlm. 392)
17
19.
18/11/2018
Perang Khandaq II
a.       Menjelaskan tahun terjadinya perang
b.      Menjelaskan kekuatan Kafir Quraisy (Hlm. 393)
c.       Menjelaskan orang kafir Quraisy yang berhasil menerobos parit
d.      Menjelaskan akhir perang Khandaq
18
20.
25/11/2018
ULANGAN HARIAN 4
----------
19
21.
2/12/2018
PEMBAHASAN KISI-KISI UAS I
----------
20
22.
9/12/2018
MASA UAS I
----------
****
23.
16/12/2018
MASA UAS I
----------
****
24.
23/12/2018
MASA LIBURAN UAS I
----------
****
25.
30/12/2018
MASA LIBURAN UAS I
----------
****
26.
6/1/2019
Perang Bani Quraizah I
a.       Menjelaskan sebab terjadinya perang
b.      Menjelaskan tahun terjadinya perang
c.       Menyebutkan 3 tawaran kepada Yahudi
d.      Menjelaskan peran Abu Lubabah
21
27.
13/1/2019
Perang Bani Quraizah II
a.       Menjelaskan peran Sa`ad bin Muadz
b.      Menjelaskan putusan kaum muslimin terhadap Yahudi
c.       Menyebutkan jumlah Yahudi yang dibunuh
d.      Menjelaskan pembagian ghanimah (hlm.410)
22
28.
20/1/2019
Perang Bani Lahyan
a.       Menjelaskan sebab terjadinya perang
b.      Menjelaskan tahun terjadinya perang
c.       Menjelaskan respon Bani Lahyan atas kedatangan Rasulullah
23
29.
27/1/2019
ULANGAN HARIAN 5
----------
24
30.
3/2/2019
Pengiriman Satuan-Satuan Perang
a.       Menyebutkan 4 satuan perang yang ditunjuk Rasulullah setelah Perang Bani Lahyan (hlm.417)
b.      Menjelaskan nama satuan dan waktu pengiriman
25
31.
10/2/2019
Perang Bani Musthaliq
a.       Menjelaskan nama lain perang ini
b.      Menjelaskan sebab terjadinya peperangan
c.       Menjelaskan tahun terjadinya perang
d.      Menjelaskan terjadinya perang
e.       Menjelaskan nasib tawanan (hlm.424)
26
32.
17/2/2019
MHQ TAHUN 2018
----------
****
33.
24/2/2019
Hadisul Ifk (Berita Bohong)
a.       Menjelaskan sebab terjadinya
b.      Menjelaskan sikap penduduk Madinah
c.       Menjelaskan sikap Rasulullah
d.      Menghafal surat An Nur 11 yang menghilangkan berita bohong tersebut
27
34.
3/3/2019
ULANGAN HARIAN 6
----------
28
35.
10/3/2019
PEMBAHASAN KISI-KISI UTS II
----------
29
36.
17/3/2019
MASA UTS II
----------

37.
24/3/2019
Pengiriman Satuan Pasukan Sesudah Perang Bani Musthaliq
a.       Menyebutkan satuan perang yang dikirim
b.      Menjelaskan nama dan tahun pengiriman satuan perang
30
38.
31/3/2019
Satuan pasukan Abdurrahman dan Ali
Menjelaskan peristiwa yang terjadi selama pengiriman satuan pasukan tersebut
31
39.
7/4/2019
ULANGAN HARIAN 7
----------
32
40.
14/4/2019
Satuan pasukan Abu Bakar dan Kurz
Menjelaskan peristiwa yang terjadi selama pengiriman satuan pasukan tersebut
33
41.
21/4/2019
ULANGAN HARIAN 8
----------
34
42.
28/4/2019
PEMBAHASAN KISI-KISI UAS II
----------
35




VII.SUMBER BACAAN
Abdul Malik Bin Hisyam. 2004. Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam, Jakarta: Darul Falah  
Muhammad Khudeir Beak, Nurul Yaqien fi sirati sayyidil mursalin, Mesir: Daarul Fikr
Syaikh Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury.1997. Ar Rahiqul Maktum, Jakarta: Pustaka Al Kautsar  (utama)
Ali Muhammad As Shallabi. 2014. Sirah Nabawiyyah, Surakarta: Insan Kamil  





Tidak ada komentar: