November 22, 2015

OUT LINE SI VII PPTQ AL IKHLAS, SUKOHARJO


OUT LINE PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR`AN AL IKHLAS
 

Mata Pelajaran            : SI ( Sejarah Islam)
Tingkat                        : VII (Putra/Putri)
Semester                      : I dan II
Jumlah Pertemuan      : 35 pertemuan
Alokasi Waktu            :  2 JPL/ 70 menit  (1 pertemuan)
Pengajar                      : ......



I.         PETUNJUK PENGGUNAAN
1.      Membaca outline dari point pertama sampai selesai
2.      Menyiapkan materi berdasarkan time line yang telah dibuat
a.       Pengajar menggunakan buku referensi Sirah Nabawiyah Safiyyurahman
b.      Pengajar melihat kompetensi santri yang diharapkan dalam tiap judul pembahasan untuk menyiapkan materi
c.       Pengajar membuat ringkasan materi yang mencakup kompetensi santri dan boleh dikembangkan sendiri berdasarkan buku referensi (tidak semua pembahasan dalam buku disampaikan)
d.      Tanggal pertemuan silahkan disesuaikan dengan jadwal
3.      Menyampaikan kepada santri outline di awal pembelajaran
4.      Mengajar berdasarkan outline
5.      Pengembangan outline di tiap tahun berdasarkan pedoman pokok sebagai berikut
No
Keterangan
Jumlah
1
Jumlah Pertemuan
35
2
Jumlah Ulangan Harian
8
3
Jumlah Penyampaian Kisi-Kisi
4






II.      PENGANTAR
Sejarah perjalanan Nabi Muhammad memiliki banyak hikmah yang dapat diambil oleh umat Islam di zaman sekarang dan yang akan datang. Karena beliau adalah uswatun hasanah  yang seluruh perilaku beliau merupakan cerminan dari Al Qur`an.
Nabi Muhammad sejak usia kecil sudah ditinggal oleh orang-orang yang menyayangi beliau, kondisi tersebut tidak membuat beliau putus asa akan tetapi  beliau menunjukkan ketegaran dan kesabaran. Pada usia remaja beliau telah mendapatkan julukan Al Amin karena kebaikan dan kejujuran beliau dalam tutur kata dan sikap. Pada usia tersebut Nabi Muhammad juga sudah berlatih untuk hidup mandiri dengan ikut serta paman beliau dalam perjalanan dagang ke Syam.
Pada usia Nabi Muhammad yang menginjak 40 tahun, beliau mendapatkan tugas mulia dari Allah untuk mengajak manusia kembali ke jalan yang benar. Beliau menjalankan tugas tersebut dengan penuh amanah dan kesabaran meski mendapatkan banyak rintangan dan tantangan dari keluarga maupun masyarakat Mekah pada umumnya.
Pada periode Madinah Nabi Muhammad dan para sahabat mendapatkan syariat untuk berperang melawan musuh –musuh Islam sebagai bentuk perlindungan terhadap harta dan diri umat Islam. Rasulullah telah banyak memimpin peperangan melawan musuh Islam bersama para sahabat. Peperangan yang dilakukan oleh rasulullah dan para sahabat tidak selamanya meraih kemenangan yang membuat hati mereka senang, tetapi ada beberapa medan peperangan yang menjadikan umat Islam mengalami kekalahan dan menjadikan mereka bersedih.
Para sahabat merasa senang hidup bersama rasulullah, mereka mendapatkan pendidikan islam secara langsung dari beliau. Para sahabat selalu menghadiri majlis ilmu yang diadakan rasulullah. Mereka langsung bertanya kepada rasulullah setiap ada masalah dan mengadakan berbagai pertemuan untuk membahas urusan umat Islam terutama dalam penyebaran Islam ke seluruh alam.
Lika-liku perjalanan Nabi Muhammad perlu dipahami generasi muda sebagai penerus perjuangan Islam. Mereka harus memahami setiap peristiwa yang terjadi di zaman Rasulullah sehingga dapat mengambil hikmah dari semua peristiwa. Diharapkan mereka mampu mencontoh akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi pelurus sejarah Islam yang dewasa ini banyak kalangan intelektual non muslim telah berusaha memadamkan sejarah Islam dan perannya di dalam kancah masyarakat modern.

III.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari Sejarah Islam diharapkan peserta didik mampu;
1.      Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah,
2.      Meneladani akhlak Nabi Muhammad,
3.      Menjelaskan letak geografis Arab Saudi,
4.      Menjelaskan asal-usul Bangsa Arab,
5.      Menjelaskan peristiwa sebelum kelahiran Nabi Muhammad,
6.      Menjelaskan masa kecil rasulullah,
7.      Menjelaskan masa remaja rasulullah,
8.      Menjelaskan masa dewasa rasulullah,
9.      Menjelaskan dakwah rasulullah dan para sahabat serta tantangannya,
10.  Menjelaskan peristiwa Isra` dan Mikraj,
11.  Menjelaskan peristiwa Bai`at Aqabah,
12.  Menjelaskan peristiwa hijrah.

IV.   METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dewasa ini telah berkembang menuju ke arah  stundent center yang mengoptimalkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang dibahas dan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran sirah tidak menafikan peran ustadz sebagai penyampai materi pelajaran, karena pada beberapa pertemuan ustadz dituntut menjelaskan materi pelajaran dengan jelas.


V.      PENILAIAN
Penilaian pembelajaran yang diterapkan adalah tugas, test tertulis dan lisan. Test tertulis dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian, ujian mid semester, ujian akhir semester dan ujian kenaikan kelas. Adapun test lisan dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian dan ujian akhir semester.




VI.   TIME LINE
No
Tanggal
Pembahasan
Kompetensi Santri
Pertemuan
1.
15/7/2018
Pengantar Sejarah Islam dan Pembahasan Outline
a.       Mengetahui pengertian dan tujuan pembelajaran sejarah bagi generasi sekarang
b.      Mengetahui urutan pembahasan sejarah islam dalam satu tahun pembelajaran
1
2.
22/7/2018
Posisi Bangsa Arab dan Kaumnya
a.       Mengetahui istilah arab
b.      Mengetahui letak geografis arab saudi
c.       Menjelaskan 3 pembagian kaum bangsa arab
d.      Menjelaskan 4 golongan suku Kahlan yang berhijrah
2
3.
29/7/2018
Gambaran Masyarakat Arab Jahiliyah
a.       Agama
b.      Sosial
c.       Ekonomi
d.      Akhlak
a.       Menjelaskan sebab munculnya agama paganisme dan yahudi di jazirah Arab
b.      Menjelaskan kondisi sosial Arab yaitu: wa`dul banat, minum khamr, zina, dan peperangan
c.       Menjelaskan mata pencaharian bangsa Arab
d.      Menyebutkan nama pasar di Arab masa lalu
e.       Menyebutkan akhlak mulia yang dimiliki bangsa Arab Jahiliyah 
3
4.
5/8/2018
ULANGAN HARIAN 1
----------
4
5.
12/8/2018
Nasab dan Keluarga Nabi Muhammad
a.       Menjelaskan biografi Nabi Muhammad, nama-nama istri, dan anak beliau
b.      Menghafal nasab Nabi Muhammad (bagian pertama yang disepakati pakar biografi dan nasab) (buku Syafiyyurahman hlm.67)
5
6.
19/8/2018
Kelahiran Nabi Muhammad
a.       Mengetahui tanggal kelahiran Nabi Muhammad
b.      Menjelaskan kehidupan masa bayi Nabi Muhammad dan ibu susu beliau
6
7.
26/8/2018
Nabi Muhammad di Kampung Bani Sa`ad
a.       Menjelaskan biografi Halimah dan beberapa yang menjadi saudara Nabi Muhammad seper susuan
b.      Menjelaskan kehidupan keluarga Halimah selama menyusui Nabi Muhammad
c.       Menjelaskan peristiwa Syaqus Shadr
7
8.
2/9/2018
ULANGAN HARIAN 2
----------
8
9.
9/9/2018
PEMBAHASAN KISI-KISI UTS I
----------
9
10.
16/9/2018
MASA UTS I
----------
****
11.
23/9/2018
Masa Kecil Nabi Muhammad
a.       Wafatnya Ibunda
b.      Wafatnya Kakeknya
c.       Bersama Pamanya
a.       Mengetahui usia Nabi Muhammad saat ditinggal wafat ibundanya
b.      Menjelaskan peristiwa wafatnya Ibunda
c.       Mengetahui usia Nabi Muhammad saat ditinggal wafat ibundnya
d.      Menjelaskan kebiasaan Nabi Muhammad selama bersama Pamanya
10
12.
30/9/2018
Perjalanan Dagang Ke Syam Pertama
a.       Menjelaskan peristiwa perjalanan dagang Nabi Muhammad bersama Abu Thalib
b.      Menjelaskan pertemuan rombongan dagang Mekah dengan pendeta Bukhaira
11
13.
7/10/2018
Perang Fijjar dan Hilful Fudhul
a.       Menjelaskan sebab terjadinya perang Fijjar
b.      Menjelaskan peran Nabi Muhammad dalam perang Fijjar
c.       Menjelaskan perstiwa Hilful Fudhul
12
14.
14/10/2018
Perjalanan ke Syam dan Pernikahan dengan Khadijah
a.       Menjelaskan keberhasilan Nabi Muhammad dalam menjual dagangan Khadijah
b.      Menjelaskan peristiwa yang dialami Nabi Muhammad dan Maisaroh dalam berdagang
c.       Menjelaskan biografi singkat Khadijah
13
15.
21/10/2018
 ULANGAN HARIAN 3
----------
14
16.
28/10/2018
Renovasi Ka`bah
a.       Menjelaskan sebab diadakannya renovasi Ka`bah
b.      Menyebutkan orang yang pertama kali berani membongkar Ka`bah
c.       Menjelaskan perseteruan antar kabilah dalam peletakan Ka`bah
d.      Menjelaskan peran Nabi Muhammad dalam peristiwa ini
15
17.
4/11/2018
Menjadi Nabi dan Rasul
a.       Menjelaskan kebiasaan Nabi Muhammad berkhalwat di gua Hira`
b.      Menjelaskan pengertian Nabi dan Rasul
c.       Menjelaskan peristiwa Malaikat Jibril membawa wahyu pertama
d.      Memahami kandungan surat Al Alaq ayat 1-5
e.       Menjelaskan sikap Nabi Muhammad setelah bertemu Malaikat Jibril
f.       Menjelaskan biograi singkat Waraqah bin Naufal
16
18.
11/11/2018
Tahapan Dakwah
a.       Menjelaskan periodesasi dakwah Nabi Muhammad
b.      Menjelaskan masa dakwah di Mekah dan Madinah
c.       Menjelaskan masa dakwah sembunyi dan terang-terangan
d.      Menghafal ayat yang memerintahkan dakwah
e.       Menghafal ayat yang memerintahkan dakwah secara terang-terangan
17
19.
18/11/2018
Gangguan Dakwah yang dialami Nabi Muhammad
a.       Menjelaskan upaya Kafir Quraisy mendatangi Abu Thalib dan memintanya untuk mengingatkan Nabi Muhammad
b.      Menyebutkan pemuda yang akan ditukar dengan Nabi Muhammad
c.       Menjelaskan rencana pembunuhan yang dilakukan Kafir Quraisy terhadap Nabi Muhammad
18
20.
25/11/2018
ULANGAN HARIAN 4
----------
19
21.
2/12/2018
PEMBAHASAN KISI-KISI UAS I
----------
20
22.
9/12/2018
MASA UAS I
----------
****
23.
16/12/2018
MASA UAS I
----------
****
24.
23/12/2018
MASA LIBURAN UAS I
----------
****
25.
30/12/2018
MASA LIBURAN UAS I
----------
****
26.
6/1/2019
Gangguan Dakwah yang dialami Para sahabat
a.       Menjelaskan siksaan yang dialami Bilal bin Rabbah
b.      Menjelaskan siksaan yang dialami Mus`ab bin Umair
c.       Menjelaskan siksaan yang dialami keluarga Amar bin Yasir
d.      Menjelaskan siksaan yang dialami keluarga Abu Faikhah
21
27.
13/1/2019
Hijrah Ke Habasyah Pertama
a.       Menunjukkan tahun terjadinya hijrah ke Habasyah pertama
b.      Menjelaskan jumlah dan beberapa sahabat yang ikut serta dalam hijrah ke Habasyah pertama
22
28.
20/1/2019
Keislaman Umar dan Hamzah  
a.       Menjelaskan peristiwa keislaman Umar
b.      Menjelaskan peristiwa keislaman Hamzah

23
29.
27/1/2019
ULANGAN HARIAN 5
----------
24
30.
3/2/2019
Pemboikotan Secara Menyeluruh
a.       Menjelaskan tempat berkumpulnya Kafir Quraisy untuk memboikot Bani Hasyim dan Bani Muthalib
b.      Menyebutkan isi pemboikotan
c.       Menjelaskan orang yang menulis isi pemboikotan
d.      Menjelaskan peristiwa pembatalan pemboikotan
25
31.
10/2/2019
Amul Husni
a.       Menjelaskan pengertian Amul Husni
b.      Menjelaskan peristiwa wafatnya Abu Thalib
c.       Menjelaskan peristiwa wafatnya Khadijah
26
32.
17/2/2019
MHQ TAHUN 2018
----------
****
33.
24/2/2019
Hijrah Ke Thaif
a.       Menjelaskan sebab peristiwa hijrah
b.      Menunjukkan sahabat yang menemani hijrah
c.       Menjelaskan sikap penduduk Thaif terhadap Nabi Muhammad dan respon Nabi Muhammad
d.      Menjelaskan peristiwa pertemuan Nabi Muhammad dan Addas di kebun milik Utbah dan Syaibah
27
34.
3/3/2019
ULANGAN HARIAN 6
----------
28
35.
10/3/2019
PEMBAHASAN KISI-KISI UTS II
----------
29
36.
17/3/2019
MASA UTS II
----------
****
37.
24/3/2019
Isra` dan Mikraj
a.       Menjelaskan pengertian Isra` dan Mikraj
b.      Menyebutkan para Nabi yang ditemui Nabi Muhammad
c.       Menjelaskan peristiwa di Sidratul Muntaha dan syari`at Sholat Fardhu
30
38.
31/3/2019
Bai`at Aqabah I
a.       Menunjukkan tahun terjadinya Bai`at Aqabah I
b.      Menjelaskan jumlah dan sahabat yang ikut Bai`at Aqabah I
c.       Menyebutkan nama sahabat yang ditunjuk Nabi Muhamamd untuk mengajari penduduk Yasrib serta tempat tinggalnya
31
39.
7/4/2019
ULANGAN HARIAN 7
----------
32
40.
14/4/2019
Bai`at Aqabah II
a.       Menunjukkan tahun terjadinya Bai`at Aqabah I
b.      Menjelaskan jumlah dan sahabat yang ikut Bai`at Aqabah II
c.       Menyebutkan 5 butir isi Bai`At Aqabah II
d.      Menyebutkan 12 pemuka dari Madinah yang ditunjuk Rasulullah setelah Bai`at Aqabah II

33
41.
21/4/2019
ULANGAN HARIAN 8
----------
34
42.
28/4/2019
PEMBAHASAN KISI-KISI UAS II
----------
35



VII.SUMBER BACAAN
Abdul Malik Bin Hisyam. 2004. Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam, Jakarta: Darul Falah  
Muhammad Khudeir Beak, Nurul Yaqien fi sirati sayyidil mursalin, Mesir: Daarul Fikr
Syaikh Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury.1997. Ar Rahiqul Maktum, Jakarta: Pustaka Al Kautsar  (utama)
Ali Muhammad As Shallabi. 2014. Sirah Nabawiyyah, Surakarta: Insan Kamil  


Tidak ada komentar: