OUT
LINE PEMBELAJARAN
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
PONDOK
PESANTREN TAHFIDZUL QUR`AN AL IKHLAS
Tingkat :
VII (Putra/Putri)
Semester :
I dan II
Jumlah Pertemuan : 35 pertemuan
Alokasi Waktu : 2
JPL/ 70 menit (1 pertemuan)
Pengajar :
......
I.
PETUNJUK PENGGUNAAN
1.
Membaca outline dari point pertama sampai selesai
2.
Menyiapkan materi berdasarkan time line yang telah dibuat
a.
Pengajar menggunakan buku referensi Sirah Nabawiyah Safiyyurahman
b.
Pengajar melihat kompetensi santri yang diharapkan dalam tiap judul
pembahasan untuk menyiapkan materi
c.
Pengajar membuat ringkasan materi yang mencakup kompetensi santri
dan boleh dikembangkan sendiri berdasarkan buku referensi (tidak semua
pembahasan dalam buku disampaikan)
d.
Tanggal pertemuan silahkan disesuaikan dengan jadwal
3.
Menyampaikan kepada santri outline di awal pembelajaran
4.
Mengajar berdasarkan outline
5.
Pengembangan outline di tiap tahun berdasarkan pedoman pokok
sebagai berikut
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Jumlah Pertemuan
|
35
|
2
|
Jumlah Ulangan Harian
|
8
|
3
|
Jumlah Penyampaian Kisi-Kisi
|
4
|
II.
PENGANTAR
Sejarah
perjalanan Nabi Muhammad memiliki banyak hikmah yang dapat diambil oleh umat
Islam di zaman sekarang dan yang akan datang. Karena beliau adalah uswatun
hasanah yang seluruh perilaku beliau
merupakan cerminan dari Al Qur`an.
Nabi Muhammad
sejak usia kecil sudah ditinggal oleh orang-orang yang menyayangi beliau,
kondisi tersebut tidak membuat beliau putus asa akan tetapi beliau menunjukkan ketegaran dan kesabaran.
Pada usia remaja beliau telah mendapatkan julukan Al Amin karena
kebaikan dan kejujuran beliau dalam tutur kata dan sikap. Pada usia tersebut
Nabi Muhammad juga sudah berlatih untuk hidup mandiri dengan ikut serta paman
beliau dalam perjalanan dagang ke Syam.
Pada usia Nabi
Muhammad yang menginjak 40 tahun, beliau mendapatkan tugas mulia dari Allah
untuk mengajak manusia kembali ke jalan yang benar. Beliau menjalankan tugas
tersebut dengan penuh amanah dan kesabaran meski mendapatkan banyak rintangan
dan tantangan dari keluarga maupun masyarakat Mekah pada umumnya.
Pada periode
Madinah Nabi Muhammad dan para sahabat mendapatkan syariat untuk berperang
melawan musuh –musuh Islam sebagai bentuk perlindungan terhadap harta dan diri
umat Islam. Rasulullah telah banyak memimpin peperangan melawan musuh Islam
bersama para sahabat. Peperangan yang dilakukan oleh rasulullah dan para
sahabat tidak selamanya meraih kemenangan yang membuat hati mereka senang,
tetapi ada beberapa medan peperangan yang menjadikan umat Islam mengalami
kekalahan dan menjadikan mereka bersedih.
Para sahabat
merasa senang hidup bersama rasulullah, mereka mendapatkan pendidikan islam
secara langsung dari beliau. Para sahabat selalu menghadiri majlis ilmu yang
diadakan rasulullah. Mereka langsung bertanya kepada rasulullah setiap ada
masalah dan mengadakan berbagai pertemuan untuk membahas urusan umat Islam
terutama dalam penyebaran Islam ke seluruh alam.
Lika-liku
perjalanan Nabi Muhammad perlu dipahami generasi muda sebagai penerus
perjuangan Islam. Mereka harus memahami setiap peristiwa yang terjadi di zaman
Rasulullah sehingga dapat mengambil hikmah dari semua peristiwa. Diharapkan
mereka mampu mencontoh akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat
menjadi pelurus sejarah Islam yang dewasa ini banyak kalangan intelektual non
muslim telah berusaha memadamkan sejarah Islam dan perannya di dalam kancah
masyarakat modern.
III.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari Sejarah Islam diharapkan peserta didik mampu;
1.
Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah,
2.
Meneladani akhlak Nabi Muhammad,
3.
Menjelaskan letak geografis Arab Saudi,
4.
Menjelaskan asal-usul Bangsa Arab,
5.
Menjelaskan peristiwa sebelum kelahiran Nabi Muhammad,
6.
Menjelaskan masa kecil rasulullah,
7.
Menjelaskan masa remaja rasulullah,
8.
Menjelaskan masa dewasa rasulullah,
9.
Menjelaskan dakwah rasulullah dan para sahabat serta tantangannya,
10.
Menjelaskan peristiwa Isra` dan Mikraj,
11.
Menjelaskan peristiwa Bai`at Aqabah,
12.
Menjelaskan peristiwa hijrah.
IV.
METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dewasa ini telah berkembang menuju ke arah stundent center yang mengoptimalkan
kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang dibahas dan guru
sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran sirah tidak
menafikan peran ustadz sebagai penyampai materi pelajaran, karena pada beberapa
pertemuan ustadz dituntut menjelaskan materi pelajaran dengan jelas.
V.
PENILAIAN
Penilaian pembelajaran yang diterapkan adalah tugas, test tertulis
dan lisan. Test tertulis dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian, ujian mid
semester, ujian akhir semester dan ujian kenaikan kelas. Adapun test lisan
dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian dan ujian akhir semester.
VI.
TIME LINE
No
|
Tanggal
|
Pembahasan
|
Kompetensi Santri
|
Pertemuan
|
1.
|
15/7/2018
|
Pengantar
Sejarah Islam dan Pembahasan Outline
|
a.
Mengetahui
pengertian dan tujuan pembelajaran sejarah bagi generasi sekarang
b.
Mengetahui
urutan pembahasan sejarah islam dalam satu tahun pembelajaran
|
1
|
2.
|
22/7/2018
|
Posisi
Bangsa Arab dan Kaumnya
|
a.
Mengetahui
istilah arab
b.
Mengetahui
letak geografis arab saudi
c.
Menjelaskan
3 pembagian kaum bangsa arab
d.
Menjelaskan
4 golongan suku Kahlan yang berhijrah
|
2
|
3.
|
29/7/2018
|
Gambaran Masyarakat Arab Jahiliyah
a.
Agama
b.
Sosial
c.
Ekonomi
d.
Akhlak
|
a.
Menjelaskan
sebab munculnya agama paganisme dan yahudi di jazirah Arab
b.
Menjelaskan
kondisi sosial Arab yaitu: wa`dul banat, minum khamr, zina, dan peperangan
c.
Menjelaskan
mata pencaharian bangsa Arab
d.
Menyebutkan
nama pasar di Arab masa lalu
e.
Menyebutkan
akhlak mulia yang dimiliki bangsa Arab Jahiliyah
|
3
|
4.
|
5/8/2018
|
ULANGAN HARIAN 1
|
----------
|
4
|
5.
|
12/8/2018
|
Nasab dan Keluarga Nabi Muhammad
|
a.
Menjelaskan
biografi Nabi Muhammad, nama-nama istri, dan anak beliau
b.
Menghafal
nasab Nabi Muhammad (bagian pertama yang disepakati pakar biografi dan nasab)
(buku Syafiyyurahman hlm.67)
|
5
|
6.
|
19/8/2018
|
Kelahiran
Nabi Muhammad
|
a.
Mengetahui
tanggal kelahiran Nabi Muhammad
b.
Menjelaskan
kehidupan masa bayi Nabi Muhammad dan ibu susu beliau
|
6
|
7.
|
26/8/2018
|
Nabi Muhammad di Kampung Bani
Sa`ad
|
a.
Menjelaskan
biografi Halimah dan beberapa yang menjadi saudara Nabi Muhammad seper susuan
b.
Menjelaskan
kehidupan keluarga Halimah selama menyusui Nabi Muhammad
c.
Menjelaskan
peristiwa Syaqus Shadr
|
7
|
8.
|
2/9/2018
|
ULANGAN
HARIAN 2
|
----------
|
8
|
9.
|
9/9/2018
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UTS I
|
----------
|
9
|
10.
|
16/9/2018
|
MASA
UTS I
|
----------
|
****
|
11.
|
23/9/2018
|
Masa
Kecil Nabi Muhammad
a.
Wafatnya Ibunda
b.
Wafatnya Kakeknya
c.
Bersama Pamanya
|
a.
Mengetahui
usia Nabi Muhammad saat ditinggal wafat ibundanya
b.
Menjelaskan
peristiwa wafatnya Ibunda
c.
Mengetahui
usia Nabi Muhammad saat ditinggal wafat ibundnya
d.
Menjelaskan
kebiasaan Nabi Muhammad selama bersama Pamanya
|
10
|
12.
|
30/9/2018
|
Perjalanan Dagang Ke Syam Pertama
|
a.
Menjelaskan
peristiwa perjalanan dagang Nabi Muhammad bersama Abu Thalib
b.
Menjelaskan
pertemuan rombongan dagang Mekah dengan pendeta Bukhaira
|
11
|
13.
|
7/10/2018
|
Perang Fijjar dan Hilful Fudhul
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya perang Fijjar
b.
Menjelaskan
peran Nabi Muhammad dalam perang Fijjar
c.
Menjelaskan
perstiwa Hilful Fudhul
|
12
|
14.
|
14/10/2018
|
Perjalanan
ke Syam dan Pernikahan dengan Khadijah
|
a.
Menjelaskan
keberhasilan Nabi Muhammad dalam menjual dagangan Khadijah
b.
Menjelaskan
peristiwa yang dialami Nabi Muhammad dan Maisaroh dalam berdagang
c.
Menjelaskan
biografi singkat Khadijah
|
13
|
15.
|
21/10/2018
|
ULANGAN HARIAN 3
|
----------
|
14
|
16.
|
28/10/2018
|
Renovasi
Ka`bah
|
a.
Menjelaskan
sebab diadakannya renovasi Ka`bah
b.
Menyebutkan
orang yang pertama kali berani membongkar Ka`bah
c.
Menjelaskan
perseteruan antar kabilah dalam peletakan Ka`bah
d.
Menjelaskan
peran Nabi Muhammad dalam peristiwa ini
|
15
|
17.
|
4/11/2018
|
Menjadi
Nabi dan Rasul
|
a.
Menjelaskan
kebiasaan Nabi Muhammad berkhalwat di gua Hira`
b.
Menjelaskan
pengertian Nabi dan Rasul
c.
Menjelaskan
peristiwa Malaikat Jibril membawa wahyu pertama
d.
Memahami
kandungan surat Al Alaq ayat 1-5
e.
Menjelaskan
sikap Nabi Muhammad setelah bertemu Malaikat Jibril
f.
Menjelaskan
biograi singkat Waraqah bin Naufal
|
16
|
18.
|
11/11/2018
|
Tahapan
Dakwah
|
a.
Menjelaskan
periodesasi dakwah Nabi Muhammad
b.
Menjelaskan
masa dakwah di Mekah dan Madinah
c.
Menjelaskan
masa dakwah sembunyi dan terang-terangan
d.
Menghafal
ayat yang memerintahkan dakwah
e.
Menghafal
ayat yang memerintahkan dakwah secara terang-terangan
|
17
|
19.
|
18/11/2018
|
Gangguan
Dakwah yang dialami Nabi Muhammad
|
a.
Menjelaskan
upaya Kafir Quraisy mendatangi Abu Thalib dan memintanya untuk mengingatkan
Nabi Muhammad
b.
Menyebutkan
pemuda yang akan ditukar dengan Nabi Muhammad
c.
Menjelaskan
rencana pembunuhan yang dilakukan Kafir Quraisy terhadap Nabi Muhammad
|
18
|
20.
|
25/11/2018
|
ULANGAN
HARIAN 4
|
----------
|
19
|
21.
|
2/12/2018
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UAS I
|
----------
|
20
|
22.
|
9/12/2018
|
MASA
UAS I
|
----------
|
****
|
23.
|
16/12/2018
|
MASA
UAS I
|
----------
|
****
|
24.
|
23/12/2018
|
MASA
LIBURAN UAS I
|
----------
|
****
|
25.
|
30/12/2018
|
MASA
LIBURAN UAS I
|
----------
|
****
|
26.
|
6/1/2019
|
Gangguan
Dakwah yang dialami Para sahabat
|
a.
Menjelaskan
siksaan yang dialami Bilal bin Rabbah
b.
Menjelaskan
siksaan yang dialami Mus`ab bin Umair
c.
Menjelaskan
siksaan yang dialami keluarga Amar bin Yasir
d.
Menjelaskan
siksaan yang dialami keluarga Abu Faikhah
|
21
|
27.
|
13/1/2019
|
Hijrah
Ke Habasyah Pertama
|
a.
Menunjukkan
tahun terjadinya hijrah ke Habasyah pertama
b.
Menjelaskan
jumlah dan beberapa sahabat yang ikut serta dalam hijrah ke Habasyah pertama
|
22
|
28.
|
20/1/2019
|
Keislaman
Umar dan Hamzah
|
a.
Menjelaskan
peristiwa keislaman Umar
b.
Menjelaskan
peristiwa keislaman Hamzah
|
23
|
29.
|
27/1/2019
|
ULANGAN
HARIAN 5
|
----------
|
24
|
30.
|
3/2/2019
|
Pemboikotan
Secara Menyeluruh
|
a.
Menjelaskan
tempat berkumpulnya Kafir Quraisy untuk memboikot Bani Hasyim dan Bani
Muthalib
b.
Menyebutkan
isi pemboikotan
c.
Menjelaskan
orang yang menulis isi pemboikotan
d.
Menjelaskan
peristiwa pembatalan pemboikotan
|
25
|
31.
|
10/2/2019
|
Amul
Husni
|
a.
Menjelaskan
pengertian Amul Husni
b.
Menjelaskan
peristiwa wafatnya Abu Thalib
c.
Menjelaskan
peristiwa wafatnya Khadijah
|
26
|
32.
|
17/2/2019
|
MHQ
TAHUN 2018
|
----------
|
****
|
33.
|
24/2/2019
|
Hijrah
Ke Thaif
|
a.
Menjelaskan
sebab peristiwa hijrah
b.
Menunjukkan
sahabat yang menemani hijrah
c.
Menjelaskan
sikap penduduk Thaif terhadap Nabi Muhammad dan respon Nabi Muhammad
d.
Menjelaskan
peristiwa pertemuan Nabi Muhammad dan Addas di kebun milik Utbah dan Syaibah
|
27
|
34.
|
3/3/2019
|
ULANGAN
HARIAN 6
|
----------
|
28
|
35.
|
10/3/2019
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UTS II
|
----------
|
29
|
36.
|
17/3/2019
|
MASA
UTS II
|
----------
|
****
|
37.
|
24/3/2019
|
Isra`
dan Mikraj
|
a.
Menjelaskan
pengertian Isra` dan Mikraj
b.
Menyebutkan
para Nabi yang ditemui Nabi Muhammad
c.
Menjelaskan
peristiwa di Sidratul Muntaha dan syari`at Sholat Fardhu
|
30
|
38.
|
31/3/2019
|
Bai`at
Aqabah I
|
a.
Menunjukkan
tahun terjadinya Bai`at Aqabah I
b.
Menjelaskan
jumlah dan sahabat yang ikut Bai`at Aqabah I
c.
Menyebutkan
nama sahabat yang ditunjuk Nabi Muhamamd untuk mengajari penduduk Yasrib
serta tempat tinggalnya
|
31
|
39.
|
7/4/2019
|
ULANGAN
HARIAN 7
|
----------
|
32
|
40.
|
14/4/2019
|
Bai`at
Aqabah II
|
a.
Menunjukkan
tahun terjadinya Bai`at Aqabah I
b.
Menjelaskan
jumlah dan sahabat yang ikut Bai`at Aqabah II
c.
Menyebutkan
5 butir isi Bai`At Aqabah II
d.
Menyebutkan
12 pemuka dari Madinah yang ditunjuk Rasulullah setelah Bai`at Aqabah II
|
33
|
41.
|
21/4/2019
|
ULANGAN
HARIAN 8
|
----------
|
34
|
42.
|
28/4/2019
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UAS II
|
----------
|
35
|
VII.SUMBER BACAAN
Abdul Malik Bin
Hisyam. 2004. Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam, Jakarta: Darul Falah
Muhammad
Khudeir Beak, Nurul Yaqien fi sirati sayyidil mursalin, Mesir: Daarul
Fikr
Syaikh
Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury.1997. Ar Rahiqul Maktum, Jakarta:
Pustaka Al Kautsar (utama)
Ali Muhammad As
Shallabi. 2014. Sirah Nabawiyyah, Surakarta: Insan Kamil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar