Desember 10, 2015

METODE KAROMAH SDI SUNAN KALIJAGA



TEROBOSAN BARU MENJADI HUFFADZ CILIK  
SEMESTER II KELAS I DAN II

SD Islam Sunan Kalijaga adalah sekolah yang memiliki basis keislamanan dan program khusus yang salah satunya adalah tahfidz ( hafalan  Al Qur`an). Program hafalan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada siswa hafalan yang cukup dan diharapkan dewasa nanti mampu menjadi hafidz Al Qur`an. Selain itu dengan hafalan diharapkan siswa dapat terbiasa dekat dengan Al Qur`an sehingga memudahkan para guru untuk mendidiknya menjadi manusia yang sholeh dan sholehah.
Program tahfidz di SD Islam Sunan Kalijaga telah disusun dengan sistematis dan telah ditetapkan garis target  yang harus dipenuhi siswa di masing tingkat. Secara umum untuk kelas I dan II menyelesaikan hafalan Juz `Amma, kelas III menyelesaikan kekurangan hafalan Juz `Amma dan menambah Juz 29 dan untuk kelas IV-VI menghafalkan Juz 29 dan ada tahap muroja`ah di kelas VI akhir.
Inovasi dalam pembelajaran tahfidz terus diupayakan oleh dewan guru SD Islam Sunan Kalijaga. Salah satunya adalah menerapkan metode Karomah dalam pembelajaran tahfidz kelas I dan II. Secara umum metode tahfidz ini menekankan pada kemampuan membaca, menghafal dan menulis arab bagi siswa. Diharapkan dengan metode ini siswa memiliki kemampuan bacaan yang bagus, hafalan yang baik dan mampu menulis arab dengan benar.

Proses pembelajarannya adalah, guru memberikan gambaran kepada siswa tentang target hafalan dalam satu pertemuan, guru meminta siswa untuk mengulang hafalan yang telah dihafal pada pertemuan yang terakhir. Setelah muroja`ah, guru melanjutkan hafalan siswa secara bertahap 2 atau 3 ayat.
Proses penambahan hafalan siswa dilakukan dengan cara, 1) Guru memberikan contoh bacaan hafalan kepada siswa, 2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaan guru 3) Guru meminta siswa menirukan bacaannya dengan baik sesuai dengan tajwid 4) Guru memberikan penjelasan dan arahan selama hafalan kepada siswa sesuai tajwid  5)Apabila ada bacaan siswa yang salah diharapkan guru membenarkan 6) Guru memberikan contoh penulisan ayat yang diajarkan sesuai di buku Karomah yaitu dengan menebalkan ayat yang telah dibaca 7) Setelah itu, Guru meminta siswa menebalkan huruf-huruf yang dihafalkan agar anak memiliki gambaran penulisan arab 8) Guru memberikan bimbingan penulisan kepada siswa agar tulisannya baik dan benar dan tidak keluar dari huruf-huruf ayat.
Pada akhir kegiatan dalam satu pertemuan, Guru meminta siswa menghafalkan ayat yang telah dihafalkan dan mengulang hafalan pertemuan kemarin dan yang sedang dihafal. Guru mengadakan setoran dan evaluasi bagi siswa di pertemuan yang selanjutnya dan di setiap ulangan untuk mengetahui kemampuan hafalan masing-masing anak.
Semoga inovasi dewan guru ini menjadikan kualitas hafalan anak-anak SD Islam Sunan Kalijaga menjadi lebih baik

Tidak ada komentar: