OUT
LINE PEMBELAJARAN
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
PONDOK
PESANTREN TAHFIDZUL QUR`AN AL IKHLAS
Mata Pelajaran : SI
( Sejarah Islam)
Tingkat :
XI (Putra/Putri)
Semester :
I dan II
Jumlah Pertemuan : 35 pertemuan
Alokasi Waktu : 1
JPL/ 35 menit (1 pertemuan)
Pengajar :
......
I.
PETUNJUK PENGGUNAAN
1.
Membaca outline dari point pertama sampai selesai
2.
Menyiapkan materi berdasarkan time line yang telah dibuat
a.
Pengajar menggunakan buku referensi Tarikh Al Khulafa` (terj)
b.
Pengajar melihat kompetensi santri yang diharapkan dalam tiap judul
pembahasan untuk menyiapkan materi dalam satu kali pertemuan
c.
Pengajar membuat ringkasan materi yang mencakup kompetensi santri
dan boleh dikembangkan sendiri berdasarkan buku referensi (tidak semua
pembahasan dalam buku disampaikan)
d.
Tanggal pertemuan silahkan disesuaikan dengan jadwal
3.
Menyampaikan kepada santri outline di awal pembelajaran
4.
Mengajar berdasarkan outline
5.
Pengembangan outline di tiap tahun berdasarkan pedoman pokok
sebagai berikut
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Jumlah Pertemuan
|
33
|
2
|
Jumlah Ulangan Harian
|
8
|
3
|
Jumlah Penyampaian Kisi-Kisi
|
4
|
II.
PENGANTAR
Sejarah bagi
generasi Umat Islam sangat urgen, karena dengan ilmu sejarah para generasi muda
dapat menggali kembali kebesaran para pendahulu dan mereka dapat meneladani
kepribadian yang tertanam pada masing-masing generasi. Pelajaran sejarah juga
dapat menjadi solusi bagi generasi muda untuk menghadapi berbagai problematika
yang di akan dihadapi di masa sekarang atau yang akan datang karena kehidupan
ini adalah ibarat sebua roda yang suatu peristiwa dapat terulang kembali meski
dalam situasi yang berbeda.
Generasi emas
masa lalu dari para khulafaurrasyidin dan dilanjutkan para pemimpin islam
setelah mereka telah menorehkan prestasi gemilang dalam dakwah Islam di seluruh
penjuru alam. Telah banyak ilmuwan muslim bermunculan pada abad pertengahan
yang keilmuannya dapat berkontribusi dalam kemajuan kehidupan manusia di muka
bumi. Kejayaan islam di masa lampau ternyata menjadi cahaya tersendiri bagi
Bangsa Barat. Ketika islam meraih titik kejayaan, Barat masih terbelakang,
mereka masih dalam masa kegelapan dan jauh dari ilmu. Setelah Barat sadar akan
kekurangan mereka, akhirnya mereka mulai bergerak untuk mentradisikan ilmu pada
masyarakat mereka dan kegiatan keilmuan mulia diterapkan dengan mengadopsi
kemajuan Islam di masa itu.
Sebuah kejayaan
masa lampau yang perlu diulang kembali generasi muda Islam di masa sekarang
telah terpaparkan. Oleh karena itu generasi muda sekarang harus semangat dalam
mempelajari ilmu sejarah agar mampu menjadi tonggak kebangkitan dan kemajuan
Islam.
III.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari Sejarah Islam diharapkan peserta didik mampu;
1.
Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah,
2.
Meneladani akhlak para sahabat,
3.
Menjelaskan berdirinya Bani Umayyah
4.
Menyebutkan pemimpin Bani Umayyah,
5.
Menjelaskan kepribadian pemimpin Bani Umayyah,
6.
Menjelaskan prestasi Bani Umayyah
IV.
METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dewasa ini telah berkembang menuju ke arah stundent center yang mengoptimalkan
kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang dibahas dan guru
sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran sirah tidak menafikan
peran ustadz sebagai penyampai materi pelajaran, karena pada beberapa pertemuan
ustadz dituntut menjelaskan materi pelajaran dengan jelas.
V.
PENILAIAN
Penilaian pembelajaran yang diterapkan adalah tugas, test tertulis
dan lisan. Test tertulis dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian, ujian mid
semester, ujian akhir semester dan ujian kenaikan kelas. Adapun test lisan
dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian dan ujian akhir semester.
VI.
TIME LINE
No
|
Tanggal
|
Pembahasan
|
Kompetensi Santri
|
Pertemuan
|
1.
|
18/7/2018
|
Hasan bin Ali
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat Hasan bin Ali (hlm.199)
b.
Menjelaskan
kekhilafahan Hasan bin Ali (hlm.202)
c.
Menjelaskan
tahun wafatnya Hasan bin Ali (hlm. 203)
|
1
|
2.
|
25/7/2018
|
Amul Jama`ah
|
d.
Menjelaskan
pengertian amul jama`ah
e.
Menjelaskan
tahun terjadinya amul jama`ah
f.
Menjelaskan
terjadinya amul jama`ah
g.
Menjelaskan
hikmah amul jama`ah
|
2
|
3.
|
1/8/2018
|
ULANGAN HARIAN 1
|
----------
|
3
|
4.
|
8/8/2018
|
Bani Umayyah
|
a.
Menjelaskan
pengertian Bani Umayyah
b.
Menyebutkan
para pemimpin Bani Umayah berdasarkan tahun kekuasaan masing-masing
c.
Menjelaskan
perbedaan masa khulafaurrasyidin dengan Bani Umayyah
|
4
|
5.
|
15/8/2018
|
Muawiyah bin Abi Sufyan
|
a.
Menjelaskan
biografi Muawiyah bin Abi Sufyan (hlm. 209-210)
b.
Menjelaskan
prestasi Muawiyah bin Abi Sufyan selama memimpin (hlm. 210-212)
|
5
|
6.
|
29/8/2018
|
ULANGAN
HARIAN 2
|
----------
|
6
|
7.
|
5/9/2018
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UTS I
|
----------
|
|
8.
|
12/9/2018
|
MASA
UTS I
|
----------
|
****
|
9.
|
19/9/2018
|
MASA
UTS I
|
----------
|
****
|
10.
|
26/9/2018
|
Yazid bin Muawiyyah
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat Yazid bin Muawiyah (hlm. 221)
|
7
|
11.
|
3/10/2018
|
Peristiwa Karbala
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya peristiwa Karbala
b.
Menjelaskan
terjadinya Karbala ( hlm.222-225)
c.
Menyebutkan
hikmah terjadinya Karbala
|
8
|
12.
|
10/10/2018
|
Perang Hurrah
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya perang
b.
Menjelaskan
terjadinya perang (hlm.225-226)
|
9
|
13.
|
17/10/2018
|
Muawiyah bin Yazid
|
a.
Menjelaskan
proses pengangkatan khalifah
b.
Menjelaskan
respon Muawiyah ketika menjadi khalifah
c.
Menjelaskan
akhir hayat Muawiyah II (hlm. 227)
|
10
|
14.
|
24/10/2018
|
Abdullah bin Zubair
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat Abdullah (hlm.227)
b.
Menjelaskan
kelahiran Abdullah (hlm.227)
c.
Menjelaskan
kehidupan Abdullah (hlm. 228-229)
|
11
|
15.
|
31/10/2018
|
ULANGAN HARIAN 3
|
----------
|
12
|
16.
|
7/11/2018
|
Abdul Malik bin Marwan (sesi I)
|
a.
Menjelaskan
biografi Abdul Malik (hlm.231)
b.
Menyebutkan
prestasi Abdul Malik (hlm.231-232)
|
13
|
17.
|
14/11/2018
|
Abdul Malik bin Marwan (sesi II)
|
a.
Menjelaskan
kepribadian Abdul Malik bin Marwan (hlm.232-234)
b.
Menjelaskan
wasiat Abdul Malik (hlm.236-239)
|
14
|
18.
|
21/11/2018
|
Al Walid bin Abdul Malik (sesi I)
|
Menjelaskan biografi Al Walid bin Abdul Malik (hlm.239-240)
|
15
|
19.
|
28/11/2018
|
ULANGAN
HARIAN 4
|
----------
|
16
|
20.
|
5/12/2018
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UAS I
|
----------
|
17
|
21.
|
12/12/2018
|
MASA
UAS I
|
----------
|
****
|
22.
|
19/12/2018
|
MASA
UAS I
|
----------
|
****
|
23.
|
26/12/2018
|
MASA
LIBURAN UAS I
|
----------
|
****
|
24.
|
2/1/2019
|
Al
Walid bin Abdul Malik (sesi II)
|
Menyebutkan prestasi Al Walid bin Abdul Malik selama memimpin
(hlm. 240-241)
|
18
|
25.
|
9/1/2019
|
Sulaiman bin Abdul Malik(sesi I)
|
a.
Menjelaskan
biografi Sulaiman bin Abdul Malik (hlm.242)
b.
Menjelaskan
kepribadian Sulaiman bin Abdul Malik (hlm.242)
|
19
|
26.
|
16/1/2019
|
ULANGAN
HARIAN 5
|
----------
|
20
|
27.
|
23/1/2019
|
Sulaiman bin Abdul Malik (sesi II)
|
Menjelaskan wasiat Sulaiman bin Abdul Malik tentang khalifah
(hlm. 243-244)
|
21
|
28.
|
30/1/2019
|
Umar bin Abdul Aziz (Sesi I)
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat Umar II (hlm.245)
b.
Menjelaskan
kelahiran dan kehidupan Umar II (hlm. 245-247)
|
22
|
29.
|
6/2/2019
|
ULANGAN
HARIAN 6
|
----------
|
23
|
30.
|
13/2/2019
|
Umar bin Abdul Aziz (Sesi II)
|
Menjelaskan kepribadian Umar bin Abdul Aziz (hlm.248-251)
|
24
|
31.
|
20/2/2019
|
Umar bin Abdul Aziz (Sesi III)
|
Menjelaskan akhir hayat Umar bin Abdul Aziz (hlm. 262-264)
|
25
|
32.
|
27/2/2019
|
ULANGAN
HARIAN 7
|
----------
|
26
|
33.
|
6/3/2019
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UTS II
|
----------
|
27
|
34.
|
13/3/2019
|
MASA
UTS II
|
----------
|
****
|
35.
|
20/3/2019
|
MASA
UTS II
|
----------
|
****
|
36.
|
27/3/2019
|
Yazid bin Abdul Malik
|
a.
Menjelaskan
biografi Yazid bin Abdul Malik (hlm. 264-265)
b.
Menjelaskan
pemberontakan terhadap Yazid (hlm. 265)
|
28
|
37.
|
3/4/2019
|
Hisyam
bin Abdul Malik (Sesi I)
|
a.
Menjelaskan
kepribadian Hisyam bin Abdul Malik (hlm 267-268)
|
29
|
38.
|
10/4/2019
|
Hisyam
bin Abdul Malik (Sesi II)
|
b.
Menjelaskan
biografi Hisyam bin Abdul Malik (hlm.266)
c.
Menjelaskan
kekhalifahaan Hisyam (hlm.266)
|
30
|
39.
|
17/4/2019
|
Marwan
Al Himar
|
a.
Menjelaskan
biografi Marwan bin Muhammad bin Marwan
b.
Menjelaskan
kekhalifahan Marwan (hlm. 274)
|
31
|
40.
|
24/4/2019
|
ULANGAN
HARIAN 8
|
----------
|
32
|
41.
|
1/5/2019
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UAS II
|
----------
|
33
|
VII.SUMBER BACAAN
Abdul Malik Bin Hisyam. 2004. Sirah
Nabawiyah Ibnu Hisyam, Jakarta: Darul Falah
Ali Muhammad As
Shallabi. 2002. Abu Bakar Ash Shiddiq; Syakhshiyatuhu Wa `Asharuhu, Beirut:
Dar Al Ma`rifah
As Syuyuti. Tarikh
Khulafa`. Terj. Jakarta: Qisthi Press (Utama)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar