Februari 14, 2012

Shalat Jama`



1.                   Pengertian Shalat Jama’
Pengertian shalat jama’ menurut bahasa adalah shalat yang dikumpulkan. Sedangkan menurut istilah syari’at islam ialah dua shalat fardu yang dikerjakan dalam satu waktu karena ada sebab-sebab tertentu. Contohnya shalat Zhuhur dan Ashar di kerjakan sekaligus pada waktu Zhuhur atau pada waktu Ashar.



2.                  Shalat Yang Boleh Dijama’
Adapun shalat yang boleh dijama’ ialah shalat Zhuhur dengan Ashar dan shalat Magrib dijama’ dengan shalat Isya’, adapun selain itu tidak perbolehkan syariat. Shalat jama’ bisa dilakukan dengan dua cara:
a.       Jama’ taqdim yaitu shalat Zhuhur dan Ashar dikerjakan pada waktu Zhuhur, atau shalat Magrib dan Isya’ dikerjakan pada waktu Magrib.
b.      Jama’ ta’khir yatiu shalat Zhuhur dan Ashar dikerjakan pada waktu Ashar, atau shalat Magrib dan Isya’ dikerjakan pada waktu Isya’.
3.                  Hukum Shalat Jama’
Hukum melaksanakan shalat jama’ adalah mubah (boleh) bagi orang yang dalam perjalanan dan mencukupi syarat-syaratnya.
Dalam suatu hadits dinyatakan sebagai berikut:
عَنْ مُعَاذٍ أَنَّ الْنَبِيَّ صَلىَ الله عَلَيْهَ وَسَلَّمَ كَانَ فِي عَزْوَة ِتَبُوْكٍ إِذَارْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيْغَ الشَمْشَ أَخَّرَ الْظُهْرَ حَتَّى يَجْمَعَهُمَا اِلىَ الْعَصْرِ يُصَلِّيَهُمَا جَمِيْعًا وَإِذَارْتَحَلَ بَعْدَ زَيْغِ الْشَمْسِ صَلَّى اَلْظُهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا ثُمَّ سَارَوَكَانَ إِذَا رْتَحَلَ قَبْلَ الْمَغْرِبِ أَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى يُصَلِّيَهُمَا مَعَ الْعِشَاءِ وَإِذَا رْتَحَلَ  بَعْدَ  الْمَغْرِبَ عَجَل َالْعِشَاءَ فَصَلَّاهَا مَعَ الْمَغْرِبِ (رواه أحمد و ابو داود و الترمذى)
Artinya: “Dari Muadz bahwa Nabi SAW dalam perang tabuk, Apabila beliau berangkat sebelum tergelincir matahari beliau mengakhirkan shalat Zhuhur sehingga beliau kumpulkan pada shalat Ashar. Jika beliau berangkat sesudah tergelincir matahari beliau melaksanakan shalat Zhuhur dan Ashar sekaligus, kemudian beliau berjalan. Jika beliau berangkat sebelum Maghrib beliau mengakhirkan shalat Maghrib sehingga beliau mengerjakan shalat Maghrib bersama shalat Isya’. Jika beliau berangkat sesudah Maghrib beliau menyegerakan shalat Isya’ sehingga beliau mengerjakan shalat Isya bersama shalat Maghrib”. (HR. Ahmad, Abu Dawud dan At Tirmidzi)
4.                  Cara Melaksanakan Shalat Jama’ Taqdim
a.       Shalat Zhuhur dan Ashar dikerjakan pada waktu Zhuhur. Mula-mula seseorang mengerjakan shalat Zhuhur 4 rakaat dan pada waktu itu juga ia berniat akan melaksanakan sahlat Ashar pada waktu Zhuhur itu.
b.      Shalat Maghrib dan Isya’ dikerjakan pada waktu Maghrib. Mula-mula seseorang mengerjakan shalat Maghrib 3 rakaat dan pada waktu itu juga ia berniat akan melaksanakan sahlat Isya’ pada waktu Maghrib itu.
5.                  Cara Melaksanakan Shalat Jama’ Ta’khir
a.       Shalat Zhuhur dan Ashar dikerjakan pada waktu Ashar. Ketika masih dalam waktu Zhuhur ia berniat akan dikerjakan pada waktu ashar. Setelah masuk waktu Ashar ia mengerjakan shalat Zhuhur 4 rakaat, setelah selesai ia langsung mengerjakan shalat Ashar.
b.      Shalat Maghrib dan Isya’ dikerjakan pada waktu Isya’. Ketika masih dalam waktu Maghrib ia berniat akan dikerjakan pada waktu Isya’. Setelah masuk waktu Isya’ ia mengerjakan shalat Maghrib 3 rakaat, setelah selesai ia langsung mengerjakan shalat Isya.

Tidak ada komentar: