(Manajemen Implementasi Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas III SD Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)
Warsito, S.Pd.I, M.Pd.I
Pengantar Buku : Muh. Rouful Wahab
Implementasi kurikulum dalam membentuk karakter siswa merupakan
bagian dari kegiatan manajemen sekolah. Kurikulum menjadi scenario dalam
mewujudkan kesuksesan pembentukan karakter siswa. Agar pembentukan
karakter siswa berjalan dengan baik maka perlu adanya sistem manajemen
kurikulum yang efektif dan efisien. Sejalan dengan itulah, manajemen kurikulum
diharapkan dapat terealisasi di lembaga pendidikan untuk membentuk peserta
didik berakhlak. Berkenaan dengan latar belakang masalah tersebut, maka
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum dalam
pembentukan karakter siswa kelas III yang di SD Ta’mirul Islam Surakarta.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat kualitatif.
Pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Dalam analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan cara
berfikir induktif dan deduktif yaitu menganalisis data yang berangkat dari
fakta-fakta yang khusus, kemudian dari fakta atau peristiwa yang khusus
tersebut ditarik generalisasi yang bersifat umum dan selanjutnya ditarik
suatu kesimpulan dari pernyataan umum menuju pernyataan khusus.
Hasil dari penelitian ini adalah pertama, manajemen kurikulum dalam
pembentukan karakter siswa kels III di SD Ta’mirul Islam Surakarta terdiri dari
beberapa point, yaitu: proses perencanaan kurikulum pembelajaran yang terdiri
dari rapat koordinasi staf pimpinan dan rapat awal tahun ajaran dengan
membuat perangkat administrasi pembelajaran. Yang kedua,
mengimplementasikan kurikulum yang membentuk karakter disiplin dan
tanggung jawab, dalam bentuk pembiasaan mengaji, patriotisme, salat salat
wajib dan sunah, olahraga pagi, penerapan buku pantauan siswa, tugas
terstruktur, dan kegiatan sosial dan keagamaan seperti kemah bakti sosial dan
pesantren ramadhan. Yang ketiga, evaluasi dari pelaksanaan kegiatan dalam
pembentukan karakter yang dikemas dalam bentuk kegiatan supervisi dan
monitoring. Manajemen Implementasi kurikulum yang dibangun oleh SD
Ta’mirul Islam Surakarta banyak keberhasilan dalam membentuk karakter disiplin
dan tanggung jawab. Ada beberapa kendala dalam manajemen kurikulum dalam
pembentukan karakter di antaranya, jumlah siswa, latar belakang ekonomi orang
tua siswa, kurang sinergi sekolah dengan orang tua, kurang komunikasi orang tua
dengan sekolah, jarak rumah siswa dengan sekolah, dan factor lingkungan siswa
yang kurang mendukung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar