(Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Melaksanakan
Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Sunan Kalijaga
Program Khusus)
Muhammad Faruq Hanafi, Al Hafidz, S.Pd.I
Muhammad Rouful Wahab
Pendidikan dalam konteks menghadapi arus globalisasi kali ini harus
memiliki peran yang urgen dalam memanfaatkan perkembangnya dan
mengantisipasi hal negatif yang dibawanya. Pendidikan dituntut untuk
mampu menghasilkan SDM yang berkualitas yang mampu menghadapi berbagai
permasalahan yang kompleks dan mampu menguasai perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi. Merupakan subsistem pendidikan yang perlu
diperhatikan agar tercapai tujuannya adalah evaluasi pembelajaran.
Dengan evaluasi seorang guru mampu mengetahui sejauhmana keberhasilannya
dalam
mengadakan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru harus memiliki
kompetensi terutama dalam mengadakan kegiatan evaluasi pembelajaran bagi
peserta didiknya
Dari latar belakang di atas penelitian ini akan menjawab rumusan masalah
yaitu, Bagaimanakah kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan
evaluasi pembelajaran PAI di SD Islam Sunan Kalijaga Program Khusus di
Surakarta?.
Jenis penilitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat
kualitatif. Pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi,
observasi (pengamatan), dan wawancara (interview).
Adapun teknik analisis yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah analisis diskriptif kualitatif. Hasil dari penilitian ini adalah bahwasannya Kompetensi Pedagogik guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran PAI di SD Islam Sunan Kalijaga Program Khusus Di Surakarta dapat terlihat dari berbagai upaya yang telah dilakukan secara sistematis dengan adanya rapat kerja yang membahas prosedur evaluasi, telah ditetapkannya KKM, dan para guru telah menerapkan berbagai bentuk evaluasi diantaranya: test harian, tes tengah semester dan semester, pree test, post test, tes praktek, non test.Usaha-usaha evaluasi tersebut pada akhirnya membawa hasil positif bagi perkembangan peserta didik dan sekolah itu sendiri.
Adapun teknik analisis yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah analisis diskriptif kualitatif. Hasil dari penilitian ini adalah bahwasannya Kompetensi Pedagogik guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran PAI di SD Islam Sunan Kalijaga Program Khusus Di Surakarta dapat terlihat dari berbagai upaya yang telah dilakukan secara sistematis dengan adanya rapat kerja yang membahas prosedur evaluasi, telah ditetapkannya KKM, dan para guru telah menerapkan berbagai bentuk evaluasi diantaranya: test harian, tes tengah semester dan semester, pree test, post test, tes praktek, non test.Usaha-usaha evaluasi tersebut pada akhirnya membawa hasil positif bagi perkembangan peserta didik dan sekolah itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar