Desember 30, 2015

ARTI BELAJAR

Peserta didik merupakan orang yang melakukan kegiatan belajar. Pengertian belajar ada beberapa pendapat di antaranya, belajar adalah suatu aktivitas yang disengaja dilakukan oleh individu atau kelompok agar terjadi perubahan kemampuan diri (Hasanah, 2012: 76), belajar adalah suatu proses yang di dalamnya suatu organisme berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman (Gegne, 2000: 23), belajar adalah perubahan perilaku peserta didik (Rusman, 2012: 86).

Dari paparan di atas dapat dipahami bahwa belajar adalah merupakan proses yang dilakukan oleh individu atau kelompok melalui pengalaman agar terjadi perubahan perilaku. Menurut Surya (dalam Rusman 2012: 87) ada delapan ciri-ciri perubahan perilaku, yaitu: a) Perubahan yang Intensional (disadari atau disengaja), perubahan perilaku yang terjadi merupakan usaha sadar dan disengaja dari individu yang bersangkutan, begitu juga dengan hasil- hasilnya, individu yang bersangkutan menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan. b) Perubahan yang berkesinambungan, individu yang merasakan bertambahnya pengetahuan dan keterampilan akan menyadari bahwa itu semua merupakan kelanjutan dari pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh sebelumnya, begitu juga pengetahuan, sikap dan keterampilan yang telah diperoleh itu, akan menjadi dasar bagi pengembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan berikutnya. c) Perubahan yang fungsional, pada perubahan perilaku yang terjadi dalam diri individu dapat dimanfaatkan untuk kepentingan hidupnya baik untuk kepentingan masa sekarang atau masa yang akan datang. D) Perubahan yang bersifat positif, perubahan yang dialami oleh individu bersifat normatif dan menunjukkan ke arah kemajuan. e) Perubahan yang bersifat aktif, seorang individu yang ingin memperoleh perilaku baru, maka dia akan aktif berupaya melakukan perubahan. f) Perubahan yang bersifat permanen, perubahan individu yang diperoleh dari proses belajar cenderung menetap dan menjadi bagian yang melekat dalam dirinya. g) Perubahan yang bertujuan dan terarah, individu melakukan kegiatan belajar pasti ada tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. h) Perubahan perilaku secara keseluruhan, perubahan perilaku belajar bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan semata, tetapi termasuk memperoleh pula perubahan dalam sikap dan keterampilan yang dimilikinya.
Apabila setelah pembelajaran berlangsung kemudian menghasilkan beberapa perubahan perilaku di atas maka dapat dikatakan bahwa belajar peserta didik mencapai titik keberhasilan.
Ada beberapa gaya belajar yang harus dicermati oleh guru yaitu belajar visual (visual learner), gaya belajar auditif (auditory learner) dan gaya belajar kinestetik (tactual learner) (Rusman, 2012: 110). Gaya belajar tersebut  memiliki penekanan masing-masing.

Tidak ada komentar: