Peserta didik merupakan orang yang
melakukan kegiatan belajar. Pengertian belajar ada beberapa pendapat di antaranya,
belajar adalah suatu aktivitas yang disengaja dilakukan oleh individu atau
kelompok agar terjadi perubahan kemampuan diri (Hasanah, 2012: 76), belajar
adalah suatu proses yang di dalamnya suatu organisme berubah perilakunya
sebagai akibat pengalaman (Gegne, 2000: 23), belajar adalah perubahan perilaku
peserta didik (Rusman, 2012: 86).
Dari paparan di atas dapat dipahami
bahwa belajar adalah merupakan proses yang dilakukan oleh individu atau
kelompok melalui pengalaman agar terjadi perubahan perilaku. Menurut Surya
(dalam Rusman 2012: 87) ada delapan ciri-ciri perubahan perilaku, yaitu: a) Perubahan
yang Intensional (disadari atau disengaja), perubahan
perilaku yang terjadi merupakan usaha sadar dan disengaja dari individu yang
bersangkutan, begitu juga dengan hasil- hasilnya, individu yang bersangkutan
menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan. b) Perubahan yang berkesinambungan, individu yang
merasakan bertambahnya pengetahuan dan keterampilan akan menyadari bahwa itu
semua merupakan kelanjutan dari pengetahuan dan keterampilan yang telah
diperoleh sebelumnya, begitu juga pengetahuan, sikap dan keterampilan yang
telah diperoleh itu, akan menjadi dasar bagi pengembangan pengetahuan, sikap
dan keterampilan berikutnya. c) Perubahan
yang fungsional, pada
perubahan perilaku yang terjadi dalam diri individu dapat dimanfaatkan untuk
kepentingan hidupnya baik untuk kepentingan masa sekarang atau masa yang akan
datang. D) Perubahan
yang bersifat positif, perubahan
yang dialami oleh individu bersifat normatif dan menunjukkan ke arah kemajuan. e) Perubahan yang bersifat aktif, seorang
individu yang ingin memperoleh perilaku baru, maka dia akan aktif berupaya
melakukan perubahan. f) Perubahan
yang bersifat permanen, perubahan
individu yang diperoleh dari proses
belajar cenderung menetap dan menjadi bagian yang melekat dalam dirinya. g) Perubahan yang bertujuan dan terarah, individu
melakukan kegiatan belajar pasti ada tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan
jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. h) Perubahan perilaku secara
keseluruhan, perubahan
perilaku belajar bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan semata, tetapi
termasuk memperoleh pula perubahan dalam sikap dan keterampilan yang
dimilikinya.
Apabila setelah pembelajaran
berlangsung kemudian menghasilkan beberapa perubahan perilaku di atas maka
dapat dikatakan bahwa belajar peserta didik mencapai titik keberhasilan.
Ada beberapa gaya belajar yang harus
dicermati oleh guru yaitu belajar visual (visual learner), gaya belajar
auditif (auditory learner) dan gaya belajar kinestetik (tactual
learner) (Rusman, 2012: 110). Gaya belajar tersebut memiliki
penekanan masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar