OUT
LINE PEMBELAJARAN
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
PONDOK
PESANTREN TAHFIDZUL QUR`AN AL IKHLAS
Mata Pelajaran : SI
( Sejarah Islam)
Tingkat :
X (Putra/Putri)
Semester :
I dan II
Jumlah Pertemuan : 35 pertemuan
Alokasi Waktu : 1
JPL/ 35 menit (1 pertemuan)
Pengajar :
......
I.
PETUNJUK PENGGUNAAN
1.
Membaca outline dari point pertama sampai selesai
2.
Menyiapkan materi berdasarkan time line yang telah dibuat
a.
Pengajar menggunakan buku referensi Tarikh Al Khulafa` (terj)
b.
Pengajar melihat kompetensi santri yang diharapkan dalam tiap judul
pembahasan untuk menyiapkan materi dalam satu kali pertemuan
c.
Pengajar membuat ringkasan materi yang mencakup kompetensi santri
dan boleh dikembangkan sendiri berdasarkan buku referensi (tidak semua pembahasan
dalam buku disampaikan)
d.
Tanggal pertemuan silahkan disesuaikan dengan jadwal
3.
Menyampaikan kepada santri outline di awal pembelajaran
4.
Mengajar berdasarkan outline
5.
Pengembangan outline di tiap tahun berdasarkan pedoman pokok
sebagai berikut
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Jumlah Pertemuan
|
33
|
2
|
Jumlah Ulangan Harian
|
8
|
3
|
Jumlah Penyampaian Kisi-Kisi
|
4
|
II.
PENGANTAR
Sejarah bagi
generasi Umat Islam sangat urgen, karena dengan ilmu sejarah para generasi muda
dapat menggali kembali kebesaran para pendahulu dan mereka dapat meneladani
kepribadian yang tertanam pada masing-masing generasi. Pelajaran sejarah juga
dapat menjadi solusi bagi generasi muda untuk menghadapi berbagai problematika
yang di akan dihadapi di masa sekarang atau yang akan datang karena kehidupan
ini adalah ibarat sebua roda yang suatu peristiwa dapat terulang kembali meski
dalam situasi yang berbeda.
Generasi emas
masa lalu dari para khulafaurrasyidin dan dilanjutkan para pemimpin islam
setelah mereka telah menorehkan prestasi gemilang dalam dakwah Islam di seluruh
penjuru alam. Telah banyak ilmuwan muslim bermunculan pada abad pertengahan
yang keilmuannya dapat berkontribusi dalam kemajuan kehidupan manusia di muka
bumi. Kejayaan islam di masa lampau ternyata menjadi cahaya tersendiri bagi Bangsa
Barat. Ketika islam meraih titik kejayaan, Barat masih terbelakang, mereka
masih dalam masa kegelapan dan jauh dari ilmu. Setelah Barat sadar akan
kekurangan mereka, akhirnya mereka mulai bergerak untuk mentradisikan ilmu pada
masyarakat mereka dan kegiatan keilmuan mulia diterapkan dengan mengadopsi
kemajuan Islam di masa itu.
Sebuah kejayaan
masa lampau yang perlu diulang kembali generasi muda Islam di masa sekarang
telah terpaparkan. Oleh karena itu generasi muda sekarang harus semangat dalam
mempelajari ilmu sejarah agar mampu menjadi tonggak kebangkitan dan kemajuan
Islam.
III.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari Sejarah Islam diharapkan peserta didik mampu;
1.
Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah,
2.
Meneladani akhlak para sahabat,
3.
Menyebutkan khulafaurrasyidin
4.
Menjelaskan kepribadian para khalifah
5.
Menjelaskan prestasi para khulafaurrasyidin
IV.
METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dewasa ini telah berkembang menuju ke arah stundent center yang mengoptimalkan
kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang dibahas dan guru
sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran sirah tidak
menafikan peran ustadz sebagai penyampai materi pelajaran, karena pada beberapa
pertemuan ustadz dituntut menjelaskan materi pelajaran dengan jelas.
V.
PENILAIAN
Penilaian pembelajaran yang diterapkan adalah tugas, test tertulis
dan lisan. Test tertulis dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian, ujian mid
semester, ujian akhir semester dan ujian kenaikan kelas. Adapun test lisan
dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian dan ujian akhir semester.
VI.
TIME LINE
No
|
Tanggal
|
Pembahasan
|
Kompetensi Santri
|
Pertemuan
|
1.
|
18/7/2018
|
Khulafaurrasyidin
|
a.
Menjelaskan
pengertian khulafaurrasyidin
b.
Menyebutkan
para sahabat yang menjadi khulafaurrasyidin
c.
Menjelaskan
tugas para khalifah
|
1
|
2.
|
25/7/2018
|
Abu Bakar
a.
Nama
dan Julukan
b.
Kelahiran
dan Kehidupan
c.
Keislaman
Abu Bakar
|
a.
Menjelaskan
nama lengkap dan julukan Abu Bakar
b.
Menjelaskan
kelahiran dan kehidupan Abu Bakar
c.
Menjelaskan
proses keislaman Abu Bakar
|
2
|
3.
|
1/8/2018
|
ULANGAN HARIAN 1
|
----------
|
3
|
4.
|
8/8/2018
|
Abu Bakar
a.
Heroisme
Abu Bakar
b.
Kedermawanan
Abu Bakar
c.
Keilmuan
Abu Bakar
|
a.
Menjelaskan
keberanian Abu Bakar (hlm.46)
b.
Menghafal
1 ayat dan 1 hadis terkait kedermawanan Abu Bakar (Hlm. 47)
c.
Menjelaskan
kedermawanan Abu Bakar ketika persiapan Perang Tabuk (Hlm. 49)
d.
Menghafal
hadis terkait keilmuan Abu Bakar (HR. Bukhari, Muslim, dan At Tirmidzi)
(Hlm.50)
e.
Menunjukkan
hadis tentangan ketajaman ilmu Abu Bakar (Hlm. 53)
|
4
|
5.
|
15/8/2018
|
Kekhalifahan Abu Bakar Berdasarkan
Isyarat Ayat dan Hadis
|
Menjelaskan isyarat ayat dan hadis yang menunjukkan kekhalifah
Abu Bakar (Hlm. 68)
|
5
|
6.
|
29/8/2018
|
ULANGAN
HARIAN 2
|
----------
|
6
|
7.
|
5/9/2018
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UTS I
|
----------
|
|
8.
|
12/9/2018
|
MASA
UTS I
|
----------
|
****
|
9.
|
19/9/2018
|
MASA
UTS I
|
----------
|
****
|
10.
|
26/9/2018
|
Bai`at
Abu Bakar sebagai Khalifah
|
a.
Menjelaskan
proses pengangkatan Abu Bakar sebagai khalifah (hlm. 73)
b.
Menjelaskan
tahun dibaiatnya Abu Bakar (hlm.79)
|
7
|
11.
|
3/10/2018
|
Peran Abu Bakar Sebagai Khalifah
1.
Memerangi
orang-orang Murtad
2.
Melanjutkan
Pengiriman Pasukan Usamah
|
a.
Menjelaskan
prestasi Abu Bakar dalam memerangi orang murtad (hlm. 79)
b.
Menjelaskan
persiapan pengiriman pasukan menghadapi Romawi (Hlm. 80)
c.
Menjelaskan
prestasi pasukan Usamah bin Zaid
|
8
|
12.
|
10/10/2018
|
Peran Abu Bakar Sebagai Khalifah
1.
Memerangi
para pembangkang zakat
2.
Memerangi
Musailamah Al Kadzab
|
a.
Menjelaskan
sikap Abu Bakar terhadap pembangkang zakat (hlm. 81)
b.
Menjelaskan
orang-orang yang meninggal dalam peperangan (hlm.82)
c.
Menjelaskan
terjadinya Perang Yamamah (hlm. 83)
d.
Menjelaskan
beberapa yang meninggal dalam peperangan Yamamah
|
9
|
13.
|
17/10/2018
|
Peran Abu Bakar Sebagai Khalifah
1.
Menumpas
habis sisa-sisa kemurtadan
2.
Menghimpun
Al Qur`an
|
a.
Menyebutkan
beberapa pasukan yang dikirim Abu Bakar dan nama pemimpinnya(hlm. 83)
b.
Menyebutkan
beberapa peperangan yang terjadi
c.
Menjelaskan
proses penghimpunan Al Qur`an
d.
Menyebutkan
pemegang Al Qur`an setelah Abu Bakar (hlm. 85)
|
10
|
14.
|
24/10/2018
|
Hari-Hari
Terakhir Abu Bakar
|
a.
Menjelaskan
langkah Abu Bakar untuk menunjuk Umar (hlm. 89)
b.
Menyebutkan
point penting isi surat yang ditulis Utsman atas perintah Abu Bakar
c.
Menjelaskan
langkah Utsman setelah menulis surat wasiat Abu Bakar
d.
Menjelaskan
akhir hayat Abu Bakar (hlm.92)
e.
Menjelaskan
peran sahabat ketika mengurus jenazah Abu Bakar (hlm.92)
f.
Menjelaskan
tahun dan usia ketika Abu Bakar wafat (hlm.93)
|
11
|
15.
|
31/10/2018
|
ULANGAN HARIAN 3
|
----------
|
12
|
16.
|
7/11/2018
|
Biografi
Umar bin Khattab
|
a.
Menjelaskan
biografi Umar bin Khattab
b.
Menjelaskan
jumlah hadis yang pernah diriwayatkan oleh beliau (hlm. 116)
c.
Menjelaskan
sejarah keislaman Umar (hlm.116)
|
13
|
17.
|
14/11/2018
|
Muwafaqat
Umar bin Khattab
|
a.
Menjelaskan
pengertian muwafaqat
b.
Menyebutkan
muwafaqat Umar point satu sampai kedua belas (hlm. 129-132)
|
14
|
18.
|
21/11/2018
|
Kekhalifahaan
Umar bin Khattab
|
a.
Menjelaskan
proses pengangkatan Umar sebagai khalifah
b.
Menjelaskan
tahun diangkatnya Umar menjadi khalifah (hlm. 141)
c.
Menjelaskan prestasi Umar selama menjabat
sebagai khalifah (hlm 144-145)
|
15
|
19.
|
28/11/2018
|
ULANGAN
HARIAN 4
|
----------
|
16
|
20.
|
5/12/2018
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UAS I
|
----------
|
17
|
21.
|
12/12/2018
|
MASA
UAS I
|
----------
|
****
|
22.
|
19/12/2018
|
MASA
UAS I
|
----------
|
****
|
23.
|
26/12/2018
|
MASA
LIBURAN UAS I
|
----------
|
****
|
24.
|
2/1/2019
|
Akhir
Hayat Umar bin Khattab
|
a.
Menjelaskan
kebijakan Umar diakhir masa jabatannya
b.
Menjelaskan
detik terakhir Umar bin Khattab (hlm 146-148)
c.
Menjelaskan
langkah Umar dan para sahabat untuk menunjuk pengganti beliau (hlm 146-148)
|
18
|
25.
|
9/1/2019
|
Biografi
Utsman bin Affan
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat Utsman bin Affan (hlm. 159-160)
b.
Menjelaskan
gelar Dzun Nuraini (hlm. 160)
c.
Menjelaskan
keislaman Utsman bin Affan (hlm. 162)
|
19
|
26.
|
16/1/2019
|
ULANGAN
HARIAN 5
|
----------
|
20
|
27.
|
23/1/2019
|
Kekhalifahaan
Utsman bin Affan
|
a.
Menjelaskan
proses pengangkatan Utsman sebagai khalifah
b.
Menjelaskan
tahun diangkatnya Utsman menjadi khalifah (hlm. 165)
c.
Menjelaskan
prestasi Utsman selama menjabat sebagai khalifah (hlm 165)
|
21
|
28.
|
30/1/2019
|
Kemelut
dalam kekhalifahan Utsman
|
a.
Menjelaskan
berbagai masalah yang terjadi di masa kekhalifahaan Utsman ( hlm. 169)
b.
Menjelaskan
hikmah terjadinya kemelut tersebut
|
22
|
29.
|
6/2/2019
|
ULANGAN
HARIAN 6
|
----------
|
23
|
30.
|
13/2/2019
|
Kesyahidan
Utsman bin Affan
|
a.
Menjelaskan
akhir hayat Utsman (hlm.171)
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya kemelut hingga wafatnya sang khalifah
|
24
|
31.
|
20/2/2019
|
Biografi
Ali bin Abi Thalib
|
a.
Menjelaskan
biografi Ali bin Abi Thalib (hlm. 179)
b.
Menjelaskan
keislaman Ali bin Abi Thalib (hlm. 179
|
25
|
32.
|
27/2/2019
|
ULANGAN
HARIAN 7
|
----------
|
26
|
33.
|
6/3/2019
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UTS II
|
----------
|
27
|
34.
|
13/3/2019
|
MASA
UTS II
|
----------
|
****
|
35.
|
20/3/2019
|
MASA
UTS II
|
----------
|
****
|
36.
|
27/3/2019
|
Perang
Jamal
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya perang
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya perang
c.
Menjelaskan
terjadinya peperangan
d.
Menjelaskan
hikmah peperangan
|
28
|
37.
|
3/4/2019
|
Perang
Shiffin
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya perang
b.
Menjelaskan
tahun terjadinya perang
e.
Menjelaskan
terjadinya peperangan
c.
Menjelaskan
hikmah peperangan
|
29
|
38.
|
10/4/2019
|
Akhir
Hayat Ali bin Abi Thalib
|
a.
Menjelaskan
detik terakhir Ali bin Abi Thalib(hlm. 188-189)
b.
Menjelaskan
hikmah terjadinya pembunuhan hingga Ali Syahid
|
30
|
39.
|
17/4/2019
|
Prestasi
Ali bin Abi Thalib selama Menjadi Khalifah
|
a.
Menjelaskan
prestasi Ali bin Abi Thalib selama menjadi khalifah (hlm 193-194)
b.
Menjelaskan
hikmah kekhalifahaan Ali
|
31
|
40.
|
24/4/2019
|
ULANGAN
HARIAN 8
|
----------
|
32
|
41.
|
1/5/2019
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UAS II
|
----------
|
33
|
VII.SUMBER BACAAN
Abdul Malik Bin Hisyam. 2004. Sirah
Nabawiyah Ibnu Hisyam, Jakarta: Darul Falah
Ali Muhammad As
Shallabi. 2002. Abu Bakar Ash Shiddiq; Syakhshiyatuhu Wa `Asharuhu, Beirut:
Dar Al Ma`rifah
As Syuyuti. Tarikh
Khulafa`. Terj. Jakarta: Qisthi Press (Utama)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar