OUT
LINE PEMBELAJARAN
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
PONDOK
PESANTREN TAHFIDZUL QUR`AN AL IKHLAS
Mata Pelajaran : SI
( Sejarah Islam)
Tingkat :
XII (Putra/Putri)
Semester :
I dan II
Jumlah Pertemuan : 35 pertemuan
Alokasi Waktu : 1
JPL/ 35 menit (1 pertemuan)
Pengajar :
......
I.
PETUNJUK PENGGUNAAN
1.
Membaca outline dari point pertama sampai selesai
2.
Menyiapkan materi berdasarkan time line yang telah dibuat
a.
Pengajar menggunakan buku referensi Tarikh Al Khulafa` (terj)
b.
Pengajar melihat kompetensi santri yang diharapkan dalam tiap judul
pembahasan untuk menyiapkan materi dalam satu kali pertemuan
c.
Pengajar membuat ringkasan materi yang mencakup kompetensi santri
dan boleh dikembangkan sendiri berdasarkan buku referensi (tidak semua
pembahasan dalam buku disampaikan)
d.
Tanggal pertemuan silahkan disesuaikan dengan jadwal
3.
Menyampaikan kepada santri outline di awal pembelajaran
4.
Mengajar berdasarkan outline
5.
Pengembangan outline di tiap tahun berdasarkan pedoman pokok sebagai
berikut
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Jumlah Pertemuan
|
33
|
2
|
Jumlah Ulangan Harian
|
8
|
3
|
Jumlah Penyampaian Kisi-Kisi
|
4
|
II.
PENGANTAR
Sejarah bagi
generasi Umat Islam sangat urgen, karena dengan ilmu sejarah para generasi muda
dapat menggali kembali kebesaran para pendahulu dan mereka dapat meneladani
kepribadian yang tertanam pada masing-masing generasi. Pelajaran sejarah juga
dapat menjadi solusi bagi generasi muda untuk menghadapi berbagai problematika
yang di akan dihadapi di masa sekarang atau yang akan datang karena kehidupan
ini adalah ibarat sebua roda yang suatu peristiwa dapat terulang kembali meski
dalam situasi yang berbeda.
Generasi emas
masa lalu dari para khulafaurrasyidin dan dilanjutkan para pemimpin islam
setelah mereka telah menorehkan prestasi gemilang dalam dakwah Islam di seluruh
penjuru alam. Telah banyak ilmuwan muslim bermunculan pada abad pertengahan
yang keilmuannya dapat berkontribusi dalam kemajuan kehidupan manusia di muka
bumi. Kejayaan islam di masa lampau ternyata menjadi cahaya tersendiri bagi
Bangsa Barat. Ketika islam meraih titik kejayaan, Barat masih terbelakang,
mereka masih dalam masa kegelapan dan jauh dari ilmu. Setelah Barat sadar akan
kekurangan mereka, akhirnya mereka mulai bergerak untuk mentradisikan ilmu pada
masyarakat mereka dan kegiatan keilmuan mulia diterapkan dengan mengadopsi
kemajuan Islam di masa itu.
Sebuah kejayaan
masa lampau yang perlu diulang kembali generasi muda Islam di masa sekarang
telah terpaparkan. Oleh karena itu generasi muda sekarang harus semangat dalam
mempelajari ilmu sejarah agar mampu menjadi tonggak kebangkitan dan kemajuan
Islam.
III.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari Sejarah Islam diharapkan peserta didik mampu;
1.
Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah,
2.
Meneladani akhlak para sahabat,
3.
Menjelaskan berdirinya Bani Abbasiyah
4.
Menyebutkan pemimpin Bani Abbasiyah,
5.
Menjelaskan kepribadian pemimpin Bani Abbasiyah,
6.
Menjelaskan prestasi Bani Abbasiyah
IV.
METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dewasa ini telah berkembang menuju ke arah stundent center yang mengoptimalkan
kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang dibahas dan guru
sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran sirah tidak menafikan
peran ustadz sebagai penyampai materi pelajaran, karena pada beberapa pertemuan
ustadz dituntut menjelaskan materi pelajaran dengan jelas.
V.
PENILAIAN
Penilaian pembelajaran yang diterapkan adalah tugas, test tertulis
dan lisan. Test tertulis dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian, ujian mid
semester, ujian akhir semester dan ujian kenaikan kelas. Adapun test lisan
dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian dan ujian akhir semester.
VI.
TIME LINE
No
|
Tanggal
|
Pembahasan
|
Kompetensi Santri
|
Pertemuan
|
1.
|
18/7/2018
|
Bani Abbasiyah
|
a.
Menjelaskan
sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
b.
Menyebutkan
10 pemimpin Bani Abbasiyah berdasarkan tahunnya
|
1
|
2.
|
25/7/2018
|
Abul Abbas As Saffah (Sesi I)
|
Menjelaskan kepribadian Abul Abbas As Saffah (hlm. 279-280)
|
2
|
3.
|
1/8/2018
|
ULANGAN HARIAN 1
|
----------
|
3
|
4.
|
8/8/2018
|
Abul Abbas As Saffah (Sesi II)
|
Menjelaskan kekhalifahan Abul Abbas As Saffah (hlm. 278-279)
|
4
|
5.
|
15/8/2018
|
Abu Ja`far Al Manshur (Sesi III)
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat Abu Ja`far (hlm.280)
b.
Menjelaskan
kepribadian Abu Ja`far (hlm.281)
|
5
|
6.
|
29/8/2018
|
ULANGAN
HARIAN 2
|
----------
|
6
|
7.
|
5/9/2018
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UTS I
|
----------
|
|
8.
|
12/9/2018
|
MASA
UTS I
|
----------
|
****
|
9.
|
19/9/2018
|
MASA
UTS I
|
----------
|
****
|
10.
|
26/9/2018
|
Abu Ja`far Al Manshur (Sesi IV)
|
Menjelaskan kekhalifahan Al Manshur (hlm.282)
|
7
|
11.
|
3/10/2018
|
Abu Ja`far Al Manshur (Sesi V)
|
Menjelaskan pemberontakan terhadap Al Manshur (hlm.283-284)
|
8
|
12.
|
10/10/2018
|
Al Mahdi bin Abdullah Muhammad bin Al Mansur
|
Menjelaskan kepribadian
dan riwayat beliau (hlm. 294-296)
|
9
|
13.
|
17/10/2018
|
Al Hadi bin Al Mahdi
|
a.
Menjelaskan
biografi singkatnya (hlm. 301)
b.
Menjelaskan
kepribadinnya (hlm. 301-302)
|
10
|
14.
|
24/10/2018
|
Harun Ar Rasyid (Sesi I)
|
Menjelaskan biografi Harun Ar Rasyid (hlm. 304)
|
11
|
15.
|
31/10/2018
|
ULANGAN HARIAN 3
|
----------
|
12
|
16.
|
7/11/2018
|
Harun Ar Rasyid (Sesi II)
|
Menjelaskan kepribadian Harun Ar Rasyid (hlm. 305)
|
13
|
17.
|
14/11/2018
|
Peristiwa Penting di Masa Harun Ar Rasyid
(Sesi III)
|
Menjelaskan peristiwa yang terjadi selama Ar Rasyid berkuasa
(hlm. 308-310)
|
14
|
18.
|
21/11/2018
|
Harun
Ar Rasyid (Sesi IV)
|
Menjelaskan akhir hayat Harun Ar Rasyid (hlm. 315-316)
|
15
|
19.
|
28/11/2018
|
ULANGAN
HARIAN 4
|
----------
|
16
|
20.
|
5/12/2018
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UAS I
|
----------
|
17
|
21.
|
12/12/2018
|
MASA
UAS I
|
----------
|
****
|
22.
|
19/12/2018
|
MASA
UAS I
|
----------
|
****
|
23.
|
26/12/2018
|
MASA
LIBURAN UAS I
|
----------
|
****
|
24.
|
2/1/2019
|
Al
Amin
|
a.
Menjelaskan
biografi singkat Al Amin (317)
b.
Menjelaskan
kepribadian Al Amin (317)
|
18
|
25.
|
9/1/2019
|
Peristiwa
Perang Saudara
|
a.
Menjelaskan
sebab terjadinya perang saudara
b.
Menjelaskan
terjadinya perang saudara (hlm.318-320)
|
19
|
26.
|
16/1/2019
|
ULANGAN
HARIAN 5
|
----------
|
20
|
27.
|
23/1/2019
|
Al Ma’mun (Sesi I)
|
Menjelaskan biografi Al Ma`mun (hlm.325)
|
21
|
28.
|
30/1/2019
|
Al Ma’mun (Sesi II)
|
Menjelaskan akhir hayat Al Ma`mun (hlm.334)
|
22
|
29.
|
6/2/2019
|
ULANGAN
HARIAN 6
|
----------
|
23
|
30.
|
13/2/2019
|
Al Mu`tashim (Sesi I)
|
a.
Menjelaskan
biografi Al Mu`tashim (354)
b.
Menjelaskan
kepribadian Al Mu`tashim (354)
|
24
|
31.
|
20/2/2019
|
Al Mu`tashim (Sesi II)
|
Menjelaskan kekhalifahaan Al Mu`tashim (hlm. 355-356)
|
25
|
32.
|
27/2/2019
|
ULANGAN
HARIAN 7
|
----------
|
26
|
33.
|
6/3/2019
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UTS II
|
----------
|
27
|
34.
|
13/3/2019
|
MASA
UTS II
|
----------
|
****
|
35.
|
20/3/2019
|
MASA
UTS II
|
----------
|
****
|
36.
|
27/3/2019
|
Al
Watsiq (Sesi I)
|
a.
Menjelaskan
biografi Al Watsiq (hlm. 360)
b. Menjelaskan kepribadian Al Watsiq (hlm. 362-364)
|
28
|
37.
|
3/4/2019
|
Al
Watsiq (Sesi II)
|
Menjelaskan kepribadian Al Watsiq (hlm. 360-362)
|
29
|
38.
|
10/4/2019
|
Al
Mutawakkil (Sesi I)
|
a.
Menjelaskan
biografi Al Mutawakkil (hlm. 365)
b.
Menjelaskan
kepribadian Al Mutawakil (hlm. 368-369)
|
30
|
39.
|
17/4/2019
|
Kebjakan
Al Mutawakkil (Sesi II)
|
Menjelaskan kebijakan Al Mutawakkil (hlm. 365-366)
|
31
|
40.
|
24/4/2019
|
ULANGAN
HARIAN 8
|
----------
|
32
|
41.
|
1/5/2019
|
PEMBAHASAN
KISI-KISI UAS II
|
----------
|
33
|
VII.SUMBER BACAAN
Abdul Malik Bin Hisyam. 2004. Sirah Nabawiyah
Ibnu Hisyam, Jakarta: Darul Falah
Ali Muhammad As
Shallabi. 2002. Abu Bakar Ash Shiddiq; Syakhshiyatuhu Wa `Asharuhu, Beirut:
Dar Al Ma`rifah
As Syuyuti. Tarikh
Khulafa`. Terj. Jakarta: Qisthi Press (Utama)
Kepala
Sekolah
Ust. Nurwicahyanto,
S.Pd.I
|
|
Sukoharjo, 27
Juni 2018
Penyusun
Muhammad
Rouful Wahab
|
|
Mengetahui
Mudir PPTQ Al
Ikhlas
Ust. Sridadi,
S.E, M.Si, Al Hafiz
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar