Desember 24, 2015

OUT LINE SI XII PPTQ AL IKHLAS

OUT LINE PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR`AN AL IKHLAS
 

Mata Pelajaran            : SI ( Sejarah Islam)

Tingkat                        : XII (Putra/Putri)
Semester                      : I dan II
Jumlah Pertemuan      : 35 pertemuan
Alokasi Waktu            :  1 JPL/ 35 menit  (1 pertemuan)
Pengajar                      : ......




I.         PETUNJUK PENGGUNAAN
1.      Membaca outline dari point pertama sampai selesai
2.      Menyiapkan materi berdasarkan time line yang telah dibuat
a.       Pengajar menggunakan buku referensi Tarikh Al Khulafa` (terj)
b.      Pengajar melihat kompetensi santri yang diharapkan dalam tiap judul pembahasan untuk menyiapkan materi dalam satu kali pertemuan
c.       Pengajar membuat ringkasan materi yang mencakup kompetensi santri dan boleh dikembangkan sendiri berdasarkan buku referensi (tidak semua pembahasan dalam buku disampaikan)
d.      Tanggal pertemuan silahkan disesuaikan dengan jadwal

3.      Menyampaikan kepada santri outline di awal pembelajaran
4.      Mengajar berdasarkan outline
5.      Pengembangan outline di tiap tahun berdasarkan pedoman pokok sebagai berikut
No
Keterangan
Jumlah
1
Jumlah Pertemuan
33
2
Jumlah Ulangan Harian
8
3
Jumlah Penyampaian Kisi-Kisi
4







II.      PENGANTAR

Sejarah bagi generasi Umat Islam sangat urgen, karena dengan ilmu sejarah para generasi muda dapat menggali kembali kebesaran para pendahulu dan mereka dapat meneladani kepribadian yang tertanam pada masing-masing generasi. Pelajaran sejarah juga dapat menjadi solusi bagi generasi muda untuk menghadapi berbagai problematika yang di akan dihadapi di masa sekarang atau yang akan datang karena kehidupan ini adalah ibarat sebua roda yang suatu peristiwa dapat terulang kembali meski dalam situasi yang berbeda.
Generasi emas masa lalu dari para khulafaurrasyidin dan dilanjutkan para pemimpin islam setelah mereka telah menorehkan prestasi gemilang dalam dakwah Islam di seluruh penjuru alam. Telah banyak ilmuwan muslim bermunculan pada abad pertengahan yang keilmuannya dapat berkontribusi dalam kemajuan kehidupan manusia di muka bumi. Kejayaan islam di masa lampau ternyata menjadi cahaya tersendiri bagi Bangsa Barat. Ketika islam meraih titik kejayaan, Barat masih terbelakang, mereka masih dalam masa kegelapan dan jauh dari ilmu. Setelah Barat sadar akan kekurangan mereka, akhirnya mereka mulai bergerak untuk mentradisikan ilmu pada masyarakat mereka dan kegiatan keilmuan mulia diterapkan dengan mengadopsi kemajuan Islam di masa itu.
Sebuah kejayaan masa lampau yang perlu diulang kembali generasi muda Islam di masa sekarang telah terpaparkan. Oleh karena itu generasi muda sekarang harus semangat dalam mempelajari ilmu sejarah agar mampu menjadi tonggak kebangkitan dan kemajuan Islam.

III.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari Sejarah Islam diharapkan peserta didik mampu;
1.      Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah,
2.      Meneladani akhlak para sahabat,
3.      Menjelaskan berdirinya Bani Abbasiyah
4.      Menyebutkan pemimpin Bani Abbasiyah,
5.      Menjelaskan kepribadian pemimpin Bani Abbasiyah,
6.      Menjelaskan prestasi Bani Abbasiyah

IV.   METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dewasa ini telah berkembang menuju ke arah  stundent center yang mengoptimalkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang dibahas dan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran sirah tidak menafikan peran ustadz sebagai penyampai materi pelajaran, karena pada beberapa pertemuan ustadz dituntut menjelaskan materi pelajaran dengan jelas.


V.      PENILAIAN
Penilaian pembelajaran yang diterapkan adalah tugas, test tertulis dan lisan. Test tertulis dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian, ujian mid semester, ujian akhir semester dan ujian kenaikan kelas. Adapun test lisan dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian dan ujian akhir semester.



VI.   TIME LINE
No
Tanggal
Pembahasan
Kompetensi Santri
Pertemuan
1.
18/7/2018
Bani Abbasiyah
a.       Menjelaskan sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
b.      Menyebutkan 10 pemimpin Bani Abbasiyah berdasarkan tahunnya
1
2.
25/7/2018
Abul Abbas As Saffah (Sesi I)
Menjelaskan kepribadian Abul Abbas As Saffah (hlm. 279-280)
2
3.
1/8/2018
ULANGAN HARIAN 1
----------
3
4.
8/8/2018
Abul Abbas As Saffah (Sesi II)
Menjelaskan kekhalifahan Abul Abbas As Saffah (hlm. 278-279)
4
5.
15/8/2018
Abu Ja`far Al Manshur (Sesi III)
a.       Menjelaskan biografi singkat Abu Ja`far (hlm.280)
b.      Menjelaskan kepribadian Abu Ja`far (hlm.281)
5
6.
29/8/2018
ULANGAN HARIAN 2
----------
6
7.
5/9/2018
PEMBAHASAN KISI-KISI UTS I
        ----------

8.
12/9/2018
MASA UTS I
----------
****
9.
19/9/2018
MASA UTS I
----------
****
10.
26/9/2018
 Abu Ja`far Al Manshur (Sesi IV)
Menjelaskan kekhalifahan Al Manshur (hlm.282)
7
11.
3/10/2018
Abu Ja`far Al Manshur (Sesi V)
Menjelaskan pemberontakan terhadap Al Manshur (hlm.283-284)
8
12.
10/10/2018
Al Mahdi bin Abdullah Muhammad bin Al Mansur
 Menjelaskan kepribadian dan riwayat beliau (hlm. 294-296)
9
13.
17/10/2018
Al Hadi bin Al Mahdi
a.       Menjelaskan biografi singkatnya (hlm. 301)
b.      Menjelaskan kepribadinnya (hlm. 301-302)
10
14.
24/10/2018
 Harun Ar Rasyid (Sesi I)
Menjelaskan biografi Harun Ar Rasyid (hlm. 304)
11
15.
31/10/2018
 ULANGAN HARIAN 3
----------
12
16.
7/11/2018
 Harun Ar Rasyid (Sesi II)
Menjelaskan kepribadian Harun Ar Rasyid (hlm. 305)
13
17.
14/11/2018
 Peristiwa Penting di Masa Harun Ar Rasyid (Sesi III)
Menjelaskan peristiwa yang terjadi selama Ar Rasyid berkuasa (hlm. 308-310)
14
18.
21/11/2018
Harun Ar Rasyid (Sesi IV)
Menjelaskan akhir hayat Harun Ar Rasyid (hlm. 315-316)
15
19.
28/11/2018
ULANGAN HARIAN 4
----------
16
20.
5/12/2018
PEMBAHASAN KISI-KISI UAS I
----------
17
21.
12/12/2018
MASA UAS I
----------
****
22.
19/12/2018
MASA UAS I
----------
****
23.
26/12/2018
MASA LIBURAN UAS I
----------
****
24.
2/1/2019
Al Amin
a.       Menjelaskan biografi singkat Al Amin (317)
b.      Menjelaskan kepribadian Al Amin (317)
18
25.
9/1/2019
Peristiwa Perang Saudara
a.       Menjelaskan sebab terjadinya perang saudara
b.      Menjelaskan terjadinya perang saudara (hlm.318-320)
19
26.
16/1/2019
ULANGAN HARIAN 5
----------
20
27.
23/1/2019
 Al Ma’mun (Sesi I)
Menjelaskan biografi Al Ma`mun (hlm.325)
21
28.
30/1/2019
 Al Ma’mun (Sesi II)
Menjelaskan akhir hayat Al Ma`mun (hlm.334)
22
29.
6/2/2019
ULANGAN HARIAN 6
----------
23
30.
13/2/2019
 Al Mu`tashim (Sesi I)
a.       Menjelaskan biografi Al Mu`tashim (354)
b.      Menjelaskan kepribadian Al Mu`tashim (354)
24
31.
20/2/2019
 Al Mu`tashim (Sesi II)
Menjelaskan kekhalifahaan Al Mu`tashim (hlm. 355-356)
25
32.
27/2/2019
ULANGAN HARIAN 7
----------
26
33.
6/3/2019
PEMBAHASAN KISI-KISI UTS II
----------
27
34.
13/3/2019
MASA UTS II
----------
****
35.
20/3/2019
MASA UTS II
----------
****
36.
27/3/2019
Al Watsiq (Sesi I)
a.       Menjelaskan biografi Al Watsiq (hlm. 360)
b.      Menjelaskan kepribadian Al Watsiq (hlm. 362-364)
28
37.
3/4/2019
Al Watsiq (Sesi II)
Menjelaskan kepribadian Al Watsiq (hlm. 360-362)
29
38.
10/4/2019
Al Mutawakkil (Sesi I)
a.       Menjelaskan biografi Al Mutawakkil (hlm. 365)
b.      Menjelaskan kepribadian Al Mutawakil (hlm. 368-369)
30
39.
17/4/2019
Kebjakan Al Mutawakkil (Sesi II)
Menjelaskan kebijakan Al Mutawakkil (hlm. 365-366)
31
40.
24/4/2019
ULANGAN HARIAN 8
        ----------
32
41.
1/5/2019
PEMBAHASAN KISI-KISI UAS II
----------
33



VII.SUMBER BACAAN
 Abdul Malik Bin Hisyam. 2004. Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam, Jakarta: Darul Falah 
Ali Muhammad As Shallabi. 2002. Abu Bakar Ash Shiddiq; Syakhshiyatuhu Wa `Asharuhu, Beirut: Dar Al Ma`rifah 
As Syuyuti. Tarikh Khulafa`. Terj. Jakarta: Qisthi Press (Utama)


Kepala Sekolah




Ust. Nurwicahyanto, S.Pd.I

Sukoharjo, 27 Juni 2018
Penyusun



Muhammad Rouful Wahab

Mengetahui
Mudir PPTQ Al Ikhlas




Ust. Sridadi, S.E, M.Si, Al Hafiz


Tidak ada komentar: